RI-Bulgaria Bebas Visa Bagi Paspor Diplomatik

VIVAnews -- Pemerintah Indonesia dan Bulgaria sepakat membebaskan visa bagi pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas. Nota kesepakatan antara kedua negara ditandatangai oleh perwakilan kedua negara di Hotel Sheraton Senggigi, Kamis 19 November 2009.

Dalam pertemuan bilateral tersebut Indonesia diwakili oleh Direktur Jenderal Departemen Luar Negeri  wilayah Amerika dan Eropa Retno Marsudi.

Kronologi Anak Isa Bajaj Alami Kekerasan, Kemaluan Ditendang Hingga Berdarah-darah

Sementara Bulgaria diwakili oleh wakil menteri energi, ekonomi dan pariwisata Evgent Angelov dan Marin Raykov selaku Deputi Menteri Luar Negera Bulgaria.

Dirjen Deplu Retno Marsudi mengatakan pemberlakuan bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas itu berlaku sejak penandatanganan kesepakatan tersebut.

Dengan demikian lanjut Retno, bagi pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas baik warga Indonesia maupun warga Bulgaria dapat masuk kewilayah masing-masing tanpa visa.

"Kesepakatan ini dilakukan untuk lebih meningkatkan hubungan diplomatik antara Indonesia dan Bulgaria,"kata Retno usai penandatanganan kesepakatan Bilateral Indoenesia-Bulgaria di Senggigi Kamis 19 Nopember 2009.

Selain dengan Bulgaria, kerjasama serupa akan dilakukan Jerman, Spanyol dan Italia. Diharapkan semua negara eropa nantinya bisa menerapkan bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas. Dalam pertemuan tersebut kedua negara juga menyepakati kerjasama dibidang politik, ekonomi, energi dan pariwisata.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Kombes Wira Blak-blakan Kapan Panggil Pendeta Gilbert soal Kasus Penistaan Agama
Polda Riau tangkap tersangka manipulasi suara putusan hakim MK

Manipulasi Putusan MK soal Pilpres Lalu Diunggah di Tiktok, Pria di Riau Diciduk Polisi

Tersangka diamankan berdasarkan hasil patroli siber Bareskrim Polri yang menemukan postingan akun TikTok yang memanipulasi suara hakim membacakan hasil putusan sidang MK.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024