Tips Menyimpan Wine Favorit Anda

VIVAnews - Para pecinta wine, tidak hanya mengakui wine sebagai minuman berlabel mewah, namun bisa ikut mengangkat derajat dan strata hidup sosial seseorang.

Bila ditinjau dari segi kesehatan, mengonsumsi wine secara teratur juga mampu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang merugikan tubuh dan menjaga kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Sementara penelitian yang dilakukan University of Crete, Yunani menyimpulkan, kandungan fenol pada wine dapat mengurangi risiko penyakit jantung, menghambat pertumbuhan kanker payudara dan mengurangi pertumbuhan kanker prostat.

Bagi para pecinta dan pengolektor wine, jangan sampai Anda rugi memberi barang mahal yang satu ini. Untuk itu, perhatikan baik-baik teknik dan cara penyimpanannya. Kami akan memberikan solusinya untuk Anda.

Tips Menyimpan Botol Wine yang Telah Terbuka

Tutup Sumbatan Botol Wine Rapat-rapat
Jika Anda berencana untuk tidak menghabiskan wine satu botol penuh, segera tutup kembali sumbatan botol wine dengan rapat setelah Anda menuangkannya dalam gelas. Dengan menutup botolnya, kesegaran wine pun akan tetap terjaga lebih lama.
 
Simpan di Peti Es
Ingin red wine Anda bertahan selama beberapa hari lebih lama? Simpan saja dalam peti es khusus di rumah Anda. Keluarkan dan diamkan wine selama satu setengah jam sebelum Anda minum. Dijamin rasa dan aromanya tetap terasa seperti baru.


Tips Menyimpan Botol Wine Baru yang Masih Tertutup

Taruh Sejajar dengan Botol lainnya
Berbeda dengan tips diatas, bagi yang ingin menyimpan botol wine baru untuk waktu yang lebih lama (beberapa bulan ke depan) sebaiknya keadaan botol tetap sejajar (horizontal) dan pastikan kemasan seal-nya masih bagus. Karena itu dianjurkan untuk membuat rak khusus wine kecil di rumah. Jika tidak ada, cukup gunakan lemari khusus untuk menyimpan wine.

Perhatikan Temperaturnya!
Temperatur udara juga harus diperhatikan. Pastikan botol wine Anda tersimpan dalam suhu dingin sekitar 15 derajat celcius. Karena dalam suhu hangat, umur wine akan cepat ‘menua’ dan kehilangan cita rasa aslinya. Sebaiknya simpan dalam suhu yang konstan dan tidak berubah-ubah.

Jauhkan Wine dari Cahaya Terang
Hati-hati dengan cahaya lampu yang terlalu terang karena akan berpengaruh pada wine Anda. Lebih baik simpan wine di tempat yang gelap.

Hindari dari Berbagai Sumber Getaran (Vibrasi)
Jauhkan botol wine Anda dari kontaminasi vibrasi (getaran) yang memungkinkan mengenai wine tersebut. Karena udara dari vibrasi dapat mengakibatkan cita rasa wine berubah.

Jangan Terkontaminasi Bau-bauan
Makanan atau peralatan rumah tangga yang berbau menyengat harus dijauhkan dari botol wine. Karena baunya dapat mengganggu dan secara perlahan-lahan mencemari aroma wine yang asli.

Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara usai timnya berhasil mengalahkan Korea Selatan pada perempat final Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024