Tekuk Persebaya, HUT ke-81 Persija Sempurna

VIVAnews - Lewat pertandingan yang menegangkan, Persija Jakarta akhirnya berhasil mengalahkan Persebaya Surabaya 4-3,  Minggu, 29 November 2009. Dalam lanjutan Liga Super Indonesia (ISL) 2009/2010 ini, Persija sempat tertinggal 0-2 dari tim tamu.

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Setelah lama tak tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Persija terlihat gamang di awal babak pertama. Bahkan gawang M Yasir sudah harus kebobolan oleh gol Andi Odang pada menit ke-3.

Berawal dari sebuah serangan balik, Andi berhasil mengecoh M Yasir dan membawa timnya memimpin 1-0.

Ketinggalan 0-1, Persija mencoba meningkatkan serangannya. Namun upaya tim ibu kota  justru berbuah gol kedua pada menit ke-8.

Berawal dari kesalahan yang dilakukan oleh pemain tengah Persija, Ramdani Lestaluhu, striker Persebaya Andi Odang berhasil melakukan penetrasi sebelum melepas tembakan ke gawang Persija.

Bola masih membentur badan kiper Persija, M Yasir. Namun Korinus Fingkrew yang berdiri bebas di sisi kiri tanpa kesulitan berhasil menyeploskan bola ke gawang Persebaya. Skor 2-0 untuk Persebaya.

Persija kembali mengejar. Pada menit ke-15 striker Bambang Pamungkas nyaris memperkecil kekalahan lewat sebuah tendangan first time memanfaatkan umpan Ismed Sofyan. Sayang bola masih mampu dijinakkan oleh kiper tim tamu, Endra Prasteyo.

Unggul 2 gol membuat Persebaya berusaha untuk menurunkan tempo permainan. Pasukan Danurwindo seperti terlihat dalam tayangan langsung antv terlihat lebih memilih untuk bermain dari kaki ke kaki.

Persija sendiri belum juga mampu menemukan bentuk permainannya meski sudah menambah jumlah strikernya dengan memasukkan TA Mushafry. Serangan-serangan Macan Kemayoran kerap kandas di kaki lawan.

Pada menit ke-35 Bambang Pamungkas kembali mendapat peluang emas melalui umpan crossing Hary Salisbury. Sayang tandukan Bepe masih melebar tipis di sisi gawang Endra Prasetya. 

Bepe baru berhasil menjebol gawang Persebaya di masa injury time. Memanfaatkan bola rebound Aliyudin, Bambang berdiri bebas tanpa kesulitan menjebol gawang Persebaya. Skor 2-1 bertahan hingga pertandingan babak pertama usai.

Moral Persija kembali bangkit di babak kedua. Serangan-serangan Macan Kemayoran mulai mampu mengancam gawang Persebaya. Bahkan di menit ke-58 Aliyudin berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Ini merupakan gol perdana Aliyudin bersama Persija musim ini. Mantan pemain Persikota itu berhasil melepaskan tandukan terarah ke sisi kiri gawang Endra usai mendapat umpan lambung yang matang dari Mushafry.

Persija nyaris kebobolan 5 menit setelah Aliyudin menyamakan kedudukan. Andi Odang yang berhasil melewati pemain belakang Persija dari sisi kanan mampu memberikan umpan matang kepada John Tarkpor yang berdiri di depan gawang M Yasir.

Beruntung masih ada Baihakki Khaizan. Pemain asal Singapura itu berhasil merebut bola dari kaki Tarkpor sebelum melepaskan tembakan ke gawang Yasir.

Pemain belakang Persija kembali melakukan kesalahan pada menit ke-72. Namun kali ini Persebaya tidak menyia-nyiakannya.

Usai merebut bola dari kaki Abanda, motor serangan Green Force Tarkpor berhasil memanjakan Josh Maguire yang tanpa terduga datang dari belakang. Tendangan keras Josh gagal diantisipasi Yasir sehingga membawa Persebaya kembali memimpin 3-2.

Namun keunggulan ini tak bertahan lama. Pada menit ke-75, Persija berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 lewat kaki Bambang Pamungkas. Bepe berhasil memaksimalkan kemelut di depan gawang Endra Prasetya.

Persija kembali menggetarkan jala Persebaya pada menit ke-79. Namun wasit Viator Ambarita manganulirnya karena melihat Abanda telah lebih dulu melakukan pelanggaran kepada Endra Prasetya.

The Jakmania akhirnya bersorak gembira setelah Aliyudin kembali menjebol gawang Persebaya pada menit ke-84. Memanfaatkan bola rebound hasil tendangan bebas Ismed Sofyan, Aliyudin mampu melepaskan tandukan yang gagal diantisipasi oleh Endra Prasetya.

Skor berbalik 4-3 untuk Persija. Persija masih mengurung pertahanan Persebaya di sisa babak kedua. Namun hingga pertandingan usai, skor 4-3 tidak berubah dan Persija sukses mendapat kado indah hari bagi ulang tahunnya (HUT) ke-81 yang jatuh pada 28 November 2009. 

Susunan Pemain
Persija
M Yasir, Ismed Sofyan, Hary Salibury, Abanda Herman, Baihaki Khaizan, Salim Alaydrus, Ramdani Lestaluhu/TA Mushafry, Rully Soputan, M Ilham, Aliyudin, Bambang Pamungkas

Persebaya
Endra Prasetya, Takatoshi Uchida, Supriyono, Satrio Syam/Arif Arianto, Sunaji, Taufik Arif, John Tarkpor, Wijay, Nugroho Mardiyanto, Andi Oddang/Andik Vermansyah, Korinus Fingkrew/Josh Maguire

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari menyampaikan hasil survei.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Qodari mengatakan jika Paslon 01 dan 03 serius, seharusnya mereka ajukan gugatan pencalonan Gibran ke PTUN sejak awal saat pendaftaran peserta Pilpres 2024 ditetapkan KPU

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024