Hari Software Gratis Sedunia

Organisasi Open Source Gelar Kegiatan Global

Software Freedom International, sebuah organisasi non-profit internasional mengkoordinasikan berbagai kegiatan demi menyambut hari software open source gratis sedunia yang jatuh pada 20 September. Tak main-main, dalam kegiatan bertajuk Software Freedom Day itu, sekitar 100 kegiatan digelar di seluruh dunia untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya teknologi Open Source.

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

“Software Freedom Day memang dirancang khusus untuk menarik minat tentang teknologi open source. Kami ingin menumbuhkan pemahaman tentang software gratis, serta mendorong pengadopsiannya,” ujar Pia Waugh, President of Software Freedom International.

Software Freedom Day dilakukan pertama kali pada tahun 2004, dan diikuti oleh 70 tim dari seluruh dunia. Kini jumlah itu terus tumbuh mencapai 600 tim dari 80 negara yang rencananya turut merayakan  ajang Software Freedom Day tahun ini.

Israel Tembakkan Rudal ke Iran, Harga Emas dan Minyak Mentah Terbang

Kali ini, Software Freedom Day menitikberatkan tentang manfaat Open Source di bidang pendidikan, pemerintahan, rumah tangga, dan bisnis. Di Indonesia, Software Freedom Day diadakan oleh Sun Microsystems, di Universitas Brawijaya pada 14 September 2008, dan di Universitas Indonesia pada tanggal 20 September 2008.

Dalam acara tersebut, mahasiswa berkesempatan untuk mendengarkan pemaparan pelaku industri TI terkemuka serta pakar-pakar dari Sun Microsystems, tentang teknologi terkini dan model bisnis web 2.0. Mereka juga berkesempatan mengeksplorasi teknologi open source dari Sun seperti Java, NetBeans, OpenSolaris, GlassFish, MySQL, dan teknologi lainnya.

Drone Israel Berhasil Ditembak Jatuh, Pangkalan Militer Iran jadi Sasaran

“Software tidak lagi menjadi milik ekslusif kalangan developer. Hal ini sangat relevan, terutama pada perayaan 25 tahun GNU Project dan semakin banyak bisnis yang beralih menggunakan software open source kepada perusahaan mereka,” ujar Simon Phipps, chief open source officer, Sun Microsystems.

Bertepatan dengan momentum ini, Sun juga akan mengumumkan pemenang kontes $1 Million Open Source Community Innovation Awards Program, dalam waktu dekat.

Bank Mandiri menempati posisi pertama Top Companies 2024 di Indonesia

Bank Mandiri Kembali Raih Peringkat Satu Top Companies 2024 versi LinkedIn

Bank Mandiri menempati posisi pertama Top Companies 2024 Indonesia versi LinkedIn. Top Companies yang dirilis LinkedIn kali ketiga ini menyoroti 15 tempat kerja terbaik.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024