Overclock Prosesor

Phenom II Dekati 6GHz

Advanced Micro Devices demonstrasikan prosesor desktop 45 nanometer mereka yang akan datang kepada pers di Austin, Texas Kamis, 20 November 2008. Yang menarik, prosesor quad core generasi kedua tersebut kini mampu bekerja jauh lebih tinggi dibanding sebelumnya dengan overclock.

Menggunakan pendinginan biasa berbasis heatsink fan, pada tegangan 1,6 volt Phenom II berbasis core Deneb itu mampu bekerja di kecepatan 4GHz. Menurut PC Perspective, di kecepatan tersebut, panas prosesor masih dalam batas toleransi.

Bila pendinginan yang digunakan ditukar, menggunakan dry ice, prosesor yang akan dirilis sekitar kuartal pertama 2009 itu mampu ditingkatkan lebih lanjut. Dari kecepatan aslinya 3GHz, dengan dry ice Phenom II mampu bekerja di kecepatan 5GHz.

Ketika pada prosesor dipasangi pendinginan ekstrim, menggunakan nitrogen cair (suhu mencapai -196 derajat Celcius), dengan tegangan 1,9 volt prosesor bisa mendekati kecepatan 6GHz.

Polri Bongkar Kasus TPPO Modus Kirim Mahasiswa Magang ke Jerman, 5 Orang Jadi Tersangka

Poin yang ingin ditunjukkan oleh AMD adalah bahwa mereka telah berhasil mendesain total arsitektur prosesor tersebut. Phenom generasi pertama sangat sulit diproduksi pada kecepatan tinggi. Phenom X4 9950 yang tercepat saja hanya memiliki clock dasar 2,6GHz. Selain itu, saat didinginkan sampai di bawah nol (umumnya sampai -20 derajat Celcius), Phenom biasanya akan menemui wall (batas maksimal). Kini di Phenom II, wall tersebut sudah berhasil diatasi.

Pada Phenom II X4 dengan stepping C2-H yang merupakan stepping generasi awal sebelum versi resmi yang beredar Januari mendatang prosesor terbukti mampu bekerja di bawah suhu -190 derajat Celcius pada tegangan 1.95 volt. Sayangnya, berhubung prosesor belum resmi diluncurkan, belum ada data screenshot, foto, ataupun video yang boleh dipublikasikan.

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman

Atasi El Nino, Menteri Pertanian: Pemerintah Siapkan Pompanisasi dengan Biaya Rp5,8 Triliun

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan pemerintah menyiapkan pompanisasi untuk mengatasi dampak El Nino. Menurut dia, langkah ini sudah disepakati saat rapat terbat

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024