Keterlaluan, Jerat Luna Maya dengan UU ITE

VIVAnews - Kemarahan Luna Waya kepada para pekerja infotainment adalah suatu ungkapan yang wajar dari seseorang yang merasa privasinya telah diganggu oleh orang lain.

Hasil Liga Champions: Comeback PSG dan Borussia Dortmund, Barcelona dan Atletico Madrid Nangis Darah

Maka, gugatan yang diajukan para pekerja infotainment atas komentar Luna di laman jejaring sosial Twitter beberapa hari lalu dengan menggunakan Undang-undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) sudah berlebihan.

Demikian menurut Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta, Wahyu Dyatmika. Menurut dia, UU ITE sebaiknya tidak digunakan untuk mempidanakan orang yang berekspresi. "UU ini sudah digunakan untuk menjerat Prita Mulyasari [atas kasusnya dengan RS. Omni Internasional] dan seharusnya ini menjadi pelajaran," kata Wahyu kepada VIVAnews di Jakarta, Sabtu 19 Desember 2009.

Lagipula, bagi AJI, pekerja infotainment bukanlah jurnalis. "Mereka tidak bekerja untuk kepentingan publik, jadi kita juga meminta kepada masyarakat agar dalam kasus ini tidak menggeneralisasi profesi jurnalis," kata Wahyu.

Bagi AJI, wartawan adalan orang yang mencari informasi untuk kepentingan publik. Sebaliknya, pekerja infotainment hanya mengejar informasi yang bukan untuk kepentingan publik.

"Jadi, kami tidak mau terjebak pada benar atau salahnya Luna Maya, namun kepentingan publik yang harus diprioritaskan," lanjut Wahyu.

Sementara itu, AJI Jakarta juga mendukung aksi solidaritas berupa pengumpulan koin dan konser musik untuk Prita. Besarnya dukungan kepada Prita menunjukkan publik sudah tidak tahan dengan penggunaan kekuasaan yang swenang-wenang.

Menurut Wahyu, banyaknya koin yang terkumpul merupakan tamparan bagi penegak hukum yang menggunakan pasal-pasal ITE untuk menjerat seseorang dalam mengemukakan ekspresinya.

"Ini juga peringatan bagi legislator dan pemerintah agar introspeksi diri sehingga tidak membuat peraturan yang melukai rasa keadilan masyarakat," kata Wahyu.

Zara, anak Ridwan Kamil.

Setelah Lepas Hijab, Putri Ridwan Kamil Tegaskan Tak akan Kenakan Pakaian Terbuka

Meskipun masih ada yang mengkritiknya, banyak juga yang merasa lega karena putri Ridwan Kamil dan Atalia Praratya ini tidak memiliki niat untuk berpenampilan terbuka.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024