Dana Proyek Infrastruktur 2009 Rp 7,2 Triliun

VIVAnews - Pemerintah akan menggelontorkan dana alokasi khusus untuk program infrastruktur pada 2009 sebesar Rp 7,2 triliun. Angka ini naik 7,6 persen dibandingkan alokasi tahun lalu, Rp 6,7 triliun. 

Tingginya kucuran dana tersebut untuk menstimulus sektor riil agar imbas resesi global bisa diminimalkan.

Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum Bidang Ekonomi dan Investasi Bambang Guritno mengatakan, dana terbesar akan dialokasikan untuk program pembangunan jalan, yaitu Rp 4,5 triliun. Sisanya, untuk infrastruktur irigasi sebesar Rp 1,6 triliun, dan Rp 1,1 triliun untuk infrastruktur air minum.

“Perhatian pemerintah tetap fokus pada pembangunan sektor infrastruktur yang merupakan salah satu kunci stabilisasi laju pertumbuhan ekonomi nasional, sehingga bisa mengurangi imbas resesi global," ujar Bambang seperti dikutip dalam situs Departemen Pekerjaan Umum, di Jakarta, Senin 24 November 2008.

Langkah ini, diharapkan juga bisa menjadi salah satu solusi untuk mempercepat recovery terhadap terjadinya krisis ekonomi global.

Secara umum, besaran alokasi khusus mengalami peningkatan dari Rp 21,2 triliun pada 2008, menjadi Rp 24,8 triliun pada tahun depan. Cakupan alokasinya pun bertambah dari 11 bidang menjadi 13 bidang pada 2009. Dua bidang itu, bidang sarana dan prasarana pedesaan, bidang perdagangan.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024