Palang Pintu Busway Dipasang Usai Lebaran

VIVAnews - Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan uji coba pengoperasian palang pintu otomatis untuk jalur bus Transjakarta.  Uji coba pertama akan dipasang di halte busway Kwitang di koridor 2 jurusan Pulogadung menuju Harmoni.

Rencananya, uji coba akan dilakukan setelah Lebaran. "Jadi kalau palangnya sudah berfungsi kendaraan lain tidak bisa lagi masuk ke dalam jalur TransJakarta," ujar Kepala Dinas Perhubungan, M Tauchid di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat 26 September 2008.

Sistem kerja palang pintu otomatis ini sudah didesain dengan sensor yang berada di luar halte. Jadi ketika kendaraan non busway hendak menerobos ke dalam jalur TransJakarta, palang pintu yang terpasang akan menutup secara otomatis.

"Tapi dalam keadaan darurat bisa dioperasikan dari dalam halte," lanjut Tauchid.

Menurut Tauchid, sudah ada beberapa perusahaan yang menyediakan konsep ini. Namun keputusan tetap ada di Dishub DKI Jakarta. Keputusan pertama memasang palang pintu di Kwitang, Jakarta Utara menurut Tauchid agar mudah dimonitor. "Kita koordinasi juga dengan lantas," katanya.

Ketua DPRD Jambi Hadiri Akad Nikah Pernikahan Putri Sulung Gubernur Al Haris
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto

Polisi Periksa 21 Saksi Terkait Kasus TPPU yang Jerat Ahli Nuklir UGM

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Jawa Timur tengah menyidik dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menyeret ahli nuklir dari UGM.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024