Angket Century

Miranda: Semakin Lama Bola Semakin Besar

VIVAnews - Mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Miranda Swaray Goeltom menegaskan bila penyelamatan Bank Century agar tidak menimbulkan ketidakpercayaan terhadap sistem keuangan di tanah air.

"Semakin lama bolanya semakin besar. Satu bank, meski kecil kalau keadaannya sedang diliputi ketidakpercayaan bisa menyebabkan kekhawatiran pada sistem keuangan," kata Miranda S Goeltom di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 22 Desember 2009.

Pernyataan itu disampaikan Miranda saat menjawab pertanyaan anggota Panitia Khusus kasus Bank Century DPR dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ahmad Yani.

Menurut Miranda, pada kondisi saat itu, di saat yang bersamaan ada tiga bank lain yang nilai CAR atau rasio kecukupan modalnya di bawah 8 persen. Miranda mengaskan bila ada sedikit saja rumor maka akan menimbulkan kekhawatiran.

"Makanya ada seseorang analis mengatakan yang langsung ditangkap polisi, karena memang pada saat itu bank-bank kecil tidak dapat meminjam uang ke bank lain," ujar Miranda.

Karena, lanjut Miranda, dengan kondisi bank-bank kecil seperti itu lalu ditambah dengan rumor maka akan menyebabkan kekhawatiran sistem perbankan. "Kekhawatiran itu bisa menyebabkan (dampak) sistemik," kata dia.

Waketum Nasdem Ahmad Ali Datang ke Rumah Prabowo, Surya Paloh Sebut Ada Urusan Pilkada
Evakuasi penemuan mayat. (Foto ilustrasi).

Izin Menginap di Kantor Polisi, Pria Tuban Ini Ternyata Baru Membunuh Istrinya

Warga Desa Pakis, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, digegerkan oleh aksi dugaan pembunuhan yang dilakukan oleh MO (64 tahun) terhadap istrinya sendiri, TA.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024