Pemudik Padati Pelabuhan & Stasiun

VIVAnews - Jumlah penumpang arus mudik sudah mulai terlihat memadati di beberapa titik pemberangkatan. Jumlah penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Perak dan Stasiun Gambir memperlihatkan peningkatan penumpang yang cukup besar dibanding hari sebelumnya.

Berdasarkan data yang diterima VIVAnews dari Posko Terpadu PT Kereta Api (PT KA), Jumat 26, September 2008, di Jakarta, semua tiket kelas bisnis dan eksekutif untuk kereta api reguler tujuan Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah sudah habis.

Untuk Stasiun Gambir, hari ini hingga H-1 (30 September), semua tiket dengan tujuan Cirebon ludes terjual, dengan pemberangkatan rata-rata 400-500 tempat duduk atau 6-8 gerbong. Hal serupa juga terjadi untuk beberapa tujuan pemberangkatan seperti Yogyakarta, Solo, Cilacap, Jombang, Kutoarjo, dan Semarang. 

Namun pada puncak hari raya, terjadi banyak kekosongan kursi keberangkatan penumpang. Melompongnya penumpang pada hari H itu terjadi di Kereta Api Cirebon Ekspress, yang menyisakan 409 kursi pada hari H Lebaran dan 245 kursi kosong pada H+2. Kursi-kursi yang kosong itu untuk pemberangkatan pagi 06.30 WIB.

Petugas Posko PT KA Henry menyatakan, belum ada informasi apakah akan ada gerbong tambahan untuk kelas eksekutif dan bisnis. Sedangkan untuk kelas ekonomi, akan disiapkan Kererta Api Api Sapu Jagat untuk menampung sisa penumpang ke semua  jurusan. "Tahun lalu diaktifkan saat H-5, tapi hingga kini kami belum diberi laporan dari posko di stasiun-stasiun," kata Henry.

Kepadatan yang sama terjadi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara dan Tanjung Perak, Semarang. Menurut petugas, penumpukan di Tanjung Priok berasal dari penumpang yang menanti keberangkatan dua kapal Pelni, yakni KM Kelud dengan tujuan Batam dan KM Pulau Lambelu tujuan Surabaya.

Di Tanjung Perak hari ini akan berangkat KM Lawit dengan tujuan Tanjung Priok, Ciremai dengan tujuan Bau-bau dan KM Leuser dengan tujuan Sampit. "Mengenai jumlah penumpang yang terangkut belum ada laporan dari PT Pelni," terang petugas piket Posko Hubungan Laut.

Respons Keluarga Via Vallen Soal Penggerudukan dan Dugaan Penggelapan Motor
Cek hipertensi atau darah tinggi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis yang umum di mana tekanan darah dalam arteri meningkat. Untuk mengurangi masalah ini, salah satunya makanan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024