Mengapa Berat Badan Cepat Naik Saat Liburan

VIVAnews - Tidak mengherankan jika saat liburan, sulit sekali mengontrol nafsu makan. Hasilnya adalah diet yang dilakukan sebelum liburan pun gagal hanya dalam beberapa hari saja.

Diet memang cenderung gagal saat liburan atau akhir pekan. Hal ini diteliti secara detail oleh tim dari University of Pittsburgh, Amerika Serikat. Mereka menemukan bahwa seseorang lebih banyak mendapat asupan kalori pada hari Sabtu dan Minggu.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan seseorang cenderung lebih disiplin menjaga pola makan sehat pada hari-hari kerja. Contohnya saat hari kerja, seseorang jarang melewatkan sarapan dan makan siang di waktu yang tepat. Tim peneliti mengnjurkan untuk tetap menjaga pola makan saat akhir pekan atau liburan, agar tetap sama seperti saat hari-hari kerja. 

"Jika Anda sangat menjaga pola makan saat hari kerja, jangan lepas kontrol saat memasuki akhir pekan. Hal ini akan merusak pola makan dan nantinya berdampak pada naiknya bobot tubuh," kata J. Jeffrey Inman, profesor dan peneliti dari University of Pittsburgh.

Inman dan rekannya Adwait Khare, dari Quinnipiac University di Connecticut, Amerika serikat melakukan penelitian dengan dengan mengetahui hubungan pola kebiasaan makan untuk menjelaskan jumlah kasus obesiatas yang setiap tahun semakin meningkat. Mereka menggunakan data berdasarkan survei 1989 dan 1999 tentang kebiasaan makan 600 individu.

Inman dan Khare sangat menyarankan untuk mengontrol asupan klaori saat akhir pekan atau liburan. Jika tidak dikontrol dengan baik, diet yang sudah dijalani cukup lama bisa sia-sia.

MK Sudah Putuskan, Dave Laksono Minta Tak Ada Lagi Tuduhan Politisasi Bansos
VIVA Militer: Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia Saat Survey Medan Latihan di Karawang

Tentara Amerika Serikat yang meninggal dunia adalah Mayor WW

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024