Kiat Ajarkan Anak Mendaur Ulang

VIVAnews - Mengajarkan buah hati cara menjaga lingkungan bisa dimulai dari belajar mendaur ulang. Mulailah memperkenalkan konsep-konsep kecil tentang ramah lingkungan kepada anak. Dengan cara ini Anda dan buah hati bisa mendapatkan manfaat yang baik untuk kehidupan di masa mendatang.

"Mendidik buah hati untuk membuang sampah pada tempatnya atau mengajarkan cara membuat kompos, mengajarkan anak cara mendaur ulang bisa dimulai dan bisa dicontoh dari perilaku orangtuanya sendiri,” kata  Tessa Hills, president of Kids for Saving Earth.

Tessa juga mengatakan, secara otomatis anak akan melakukan hal apapun yang dilakukan pemimpinnya, yakni orangtuanya. Setelah mereka terbiasa dengan hidup ramah lingkungan, praktis aktivitas tersebut akan terus diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya.

Forum Anak-anak berorientasi Menyelamatkan Bumi diciptakan pada 1989 oleh Tessa dan suaminya William. Dalam forum itu, mereka mengajarkan anak-anak cara melakukan daur ulang agar hidup yang dijalankan lebih ramah lingkungan. Ini caranya:

1. Lakukan tukar menukar barang
Biasanya anak-anak paling tidak mau memberikan barang kesayangannya pada orang lain. Tapi, jika ingin hal-hal baru, kita harus membuang sesutau yang telah usang. Untuk itu sesekali ajak buah hati merapikan gudang, ajarkan ia memilah barang yang diangap tidak perlu. Jika masih bisa digunakan simpan atau daur ulang menjadi bentuk lain. Anda juga bisa mengajak si kecil membuatacara dengan teman untuk melakukan tukar menukar mainan.

2. Gunakan serbet yang bisa dipakai berulang-ulang
Daripada pakai serbet kertas, lebih baik menggunakan serbet handuk yang bisa dipakai kembali tanpa harus membuangnya. Dengan menggunakan serbet handuk, anak-anak bisa dilatih untuk menggunakan serbet yang sama dalam beberapa kali mencuci tangan. Ajarkan mereka menjaga serbet  di sebuah laci di dapur, dan menggunakannnya kembali setiap kali cuci tangan. Cuci bila diperlukan. Cara ini efektif bisa menghemat pengeluaran Anda untuk membeli produk kertas yang hanya bisa sekali pakai.

3. Membuat tempat sampah

Lebih baik menggunakan kotak yang bisa dicuci kembali sebagai wadah sampah di rumah dari pada menggunakan kantong plastik. Minta juga pada mereka untuk menggunakan botol minuman berbahan stainless steel yang dapat dipakai kembali untuk menyimpan air. Pelajaran ini baik untuk Anak Anda daripada harus membeli air kemasan setiap hari saat makan siang.

4. Mengadakan pesta ulang tahun 'hijau' atau ramah lingkungan.
Rencana pesta ulang tahun Anda  dan buah hati  dengan cara yang ramah lingkungan. Undang  teman-teman melalui e-mail, dan layani tamu-tamu pesta dengan makanan organik dan gunakan piring yang bisa dicuci kembali, bukan dengan piring kertas yang hanya  bisa digunakan sekali pakai.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Sarankan teman anak Anda untuk datang dengan sepeda, atau berjalan kaki.  Dan, beritahu pada mereka untuk menggunakan bungkus kertas daur ulang atau kantong plastik bekas untuk pembungkus kado yang mereka bawa.

5. Melestarikan sumber daya.
Siapkan cangkir ekstra dalam mobil. Suatu saat jika Anda dan keluarga pergi makan bersama di restoran cepat saji favorit keluarga, cukup memesan satu minuman besar yang dapat dibagi di cangkir ekstra yang sudah disiapkan. Selain menambah kebersamaan keluarga, bisa juga menghemat pengeluaran Anda  untuk digunakan pada minggu berikutnya.

Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024