Raden: Kami Punya Daftar Bank yang Lemah

VIVAnews - Pemerintah dan Bank Indonesia mengawasi secara ketat industri perbankan nasional. Daftar bank yang bagus maupun bermasalah sudah dikantongi.

"Kita punya daftar mana bank yang baik, mana yang lemah dan terus melakukan pengawasan pada bank-bank itu," kata Ketua Forum Stabilitas Sektor Keuangan Raden Pardede di sela diskusi di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu 26 November 2008.

Namun daftar bank-bank itu, kata Raden, tidak bisa dipublikasikan kepada umum. "Karena itu rahasia negara," tegas Raden yang ikut membidani penyusunan Perpu Jaring Pengaman Sektor Keuangan (JPSK).

Yang jelas, Bank Indonesia terus mengawasi bank-bank ini, baik dari sisi likuiditas dan lain-lainnya dari jarak dekat. "Di negara lain pun dilakukan hal yang sama," katanya.

Segala kemungkinan yang terjadi kata Raden terus diamati. Namun soal penyelamatan Bank Century, raden menolak merinci lebih jauh mengingat bank ini sudah diambilalih Lembaga Penjamin Simpanan. "Kalau kita mengawasi perbankan secara keseluruhan," kata dia.

Berdasarkan indikator perbankan yang dirilis Bank Indonesia. Sampai September 2008, jumlah bank di Indonesia mencapai 126 bank. Angka ini naik dibandingkan posisi Agustus 2008 sebanyak 125 bank. Total dana pihak ketiga yang dikelola bank mencapai Rp 1.603 triliun.

Shin Tae-yong Tak Mau Dibohongi dan Jomplangnya Pemain Korea dengan Indonesia
Umuh Muchtar

Makna Lebaran Bagi Bos Persib Bandung

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan berkumpul bersama keluarga besarnya di kediamannya, Kiara Condong, Bandung

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024