KPK: Kemana Bunga Uang Calon Jamaah Haji?

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi mengungkapkan ada sekitar 600 ribu calon jamaah haji yang masih menunggu diberangkatkan alias masuk waiting list. Sebagian dari mereka sudah membayar penuh, sebagian atau sebatas uang muka.

"Kalau diakumulasikan, uangnya banyak juga. Bagaimana dengan bunga banknya? Uang itu kan disimpan dalam jangka waktu tertentu," ujar Wakil Ketua bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi Haryono Umar, Rabu 28 Januari 2009.

Hal itu, kata Haryono terungkap dalam pemaparan pejabat Departemen Agama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi beberapa waktu lalu. Pada saat itu, kata dia, Komisi mempertanyakan status uang bunga dari dana para calon haji. "Saya belum dapat laporan berapa akumulasi dana calon haji yang waiting list itu," kata dia.

Haryono mempermasalahkan transparansi biaya penyelenggaran haji yang selama ini dikelola Departemen Agama. Selama ini, kata dia, Departemen tidak pernah memaparkan ongkos haji secara terperinci. "Misalnya, untuk dana katering yang lebih mahal dari Malaysia. Departemen tidak pernah menjelaskan kenapa bisa lebih mahal," tambah Haryono.

Meski belum mengerucut, namun pihaknya sudah menerima sejumlah masukan untuk mendorong lembaga independen pengelola ongkos haji. "Jika badan regulator berfungsi juga sebagai pelaksana biasanya akan ada benturan kepentingan di sana," tambahnya.

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani
VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Dalam penemuan itu, mereka mengklaim bahwa negara Ukraina telah membayar “sejumlah besar dana” kepada para pelaku.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024