Bambang Rachmadi Uji UU Perseroan Terbatas

VIVAnews - Pengusaha Bambang Rachmadi ajukan permohonan uji materi UU 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas. Pasal yang diajukan Bambang, ialah pasal 102 secara keseluruhan. Ada 5 ayat dalam pasal tersebut.

Bambang menilai pasal tersebut bertentangan dengan UUD 1945 pasal 28 (a), pasal 28 G ayat 1, dan pasal 28 H ayat 1.
 
Dalam persidangan pemeriksaan pendahuluan, majelis hakim yang dipimpin Achmad Sodiki, meminta pemohon untuk mengelaborasi ayat-ayat yang dianggap bertentangan dengan UUD 1945. "Ini akan lebih match," kata Sodiki, di Mahkamah Konstitusi, Rabu 20 Januari 2010.
 
Sodiki memberi masukan kelengkapan tersebut harus diuraikan secara jelas. "Jangan asal comot, masing-masing ayat ini ada uraiannya sendiri-sendiri," tambahnya. Hakim meminta pihak pemohon memperbaiki permohonan supaya lebih jelas lagi.
 
Ini bermula dari penjualan seluruh aset PT Bina Nusa Rama kepada pihak ketiga yaitu PR Rekseno Nasional Food (RNF). Penjualan tersebut didasarkan pasal 102 yang memperbolehkan penjualan seluruh aset milik PT BNR. Akibat dari penjualan tersebut, aset yang dimiliki oleh pemohon berkurang, karena PT BNR tidak lagi dapat menjalankan bisnis restorannya dan tidak mampu untuk memperoleh penghasilan usaha.
 
Selain itu dengan penjualan seluruh aset tersebut secara otomatis hilang pula mata pencaharian pemohon. oleh karena itu pemohon beranggapan adanya pasal 102 UU PT menyebabkan pemegang saham mayoritas dapat menjual secara sepihak aset perusahaan kepada pihak lain.
 
Bambang Rachmadi yang ditemui usai persidangan mengatakan bahwa sebenarnya dia tidak keberatan adanya penjualan. "Tapi untuk penjualan saham, bukan aset seperti ini," ujar mantan pemilik hak waralaba McDonalds itu.

Oleh karena itu pihaknya meminta kepada Mahkamah Konstitusi, agar menyatakan pasal 102 UU no 40 tahun 2007 tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025
Ilustrasi depresi/stres.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Stres adalah respons alami tubuh terhadap tekanan atau tuntutan dalam hidup. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan, hubungan atau masalah keuangan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024