Semester I, BTN Terbitkan KIK EBA III

VIVAnews - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) bakal menerbitkan kontrak investasi kolektif efek beragun aset (KIK EBA) III senilai Rp 750 miliar hingga Rp 1 triliun. Produk investasi tersebut direncanakan terbit pada semester I-2010.

Perseron juga berencana menerbitkan obligasi senilai Rp 1-2 triliun untuk memperkuat struktur pendanaan perusahaan.

"Kami tahun 2010 itu mempunyai berbagai rencana," kata Direktur Utama BTN Iqbal Latanro disela Economic Outlook 2010 di kantor pusat BTN, Jalan Gajahmada, Jakarta, Rabu, 20 Januari 2010.

Menurut Iqbal, rencana ekspansi kredit perseroan pada tahun ini memerlukan dukungan pendanaan cukup besar. Untuk itu, perusahaan bakal mencari sumber pendanaan dalam bentuk instrumen investasi obligasi, sekuritisasi aset, serta dana whole sale.

Dia menuturkan, penerbitan obligasi merupakan aksi korporasi yang rutin dilakukan perseroan untuk memperbaiki struktur pendanaan. Sementara itu, security asset dilakukan untuk memperkecil miss macth.

Di samping, melalui tiga instrumen investasi tadi, perseroan juga mengharapkan sumber pendanaan ekspasi perusahaan bakal diperoleh dari installment (pembayaran pokok) dan dana pihak ketiga (DPK). Porsi sumber dana tersebut masing-masing sepertiga dari credit installment dan sisanya dari ekspansi dana yang lain.

Untuk diketahui, BTN meargetkan pertumbuhan kredit pada tahun ini mencapai lebih dari Rp 20 triliun. Pada tahun lalu, pertumbuhan kredit perusahaan mampu melebihi rata-rata industri perbankan yaitu sebesar 27-28 persen. "BTN pertumbuhannya baik, di atas 20 persen," katanya.

Sementara itu, total outstanding kredit perusahaan hingga akhir tahun 2009 diperkirakan mencapai Rp 40 triliun atau lebih rendah dibandingkan tahun 2008.

Iqbal menuturkan, perseroan akan mewaspadai adanya kekhawatiran meningkatnya suku bunga pada semester II-2010. Untuk itu, BTN bakal mengoptimalkan kondisi yang jauh lebih baik pada semester I-2010.

antique.putra@vivanews.com

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban
Nagita Slavina

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Tyas Mirasih saat itu ingin menjual tas miliknya kepada Nagita dan Raffi untuk membantu biaya pengobatan sang ibunda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024