Dradjad Tanyakan Beda Century dan Indover

VIVAnews - Ekonom Drajad Wibowo mempertanyakan dampak sistemik bila Bank Century tidak diselamatkan saat krisis 2008. Padahal, saat yang hampir bersamaan, Bank Indonesia memutuskan penutupan Indover Bank saat seret likuiditas.

Menurut Dradjad, kewajiban Century terhadap perbankan lain hanya Rp 300 miliar. Kewajiban ini kepada tujuh bank nasional. Sedangkan Indover memiliki kewajiban kepada 43 bank domestik. Nilai kewajiban terkait pasar uang ini mencapai 49,8 juta euro atau sekitar Rp 650 miliar.

"Efeknya pun, hampir sama. Saat itu Bank Indonesia mengatakan bisa mempengaruhi kepercayaan pasar," kata Drajad saat menjadi saksi ahli dalam Sidang Panitia Khusus Bank Century DPR, Kamis malam, 21 Januari 2010.

Namun, setelah penutupan bank yang berkedudukan di Belanda itu tidak mempengaruhi perbankan dalam negeri. Padahal 43 bank nasional memiliki simpanan di bank itu. "Nyatanya penutupan Indover tidak mempengaruhi perbankan nasional," katanya.

hadi.suprapto@vivanews.com

Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kardus di Tanah Abang, Diduga Dibuang Sang Ayah.
Ketua Srikandi PPDI, Nunun Daradjatun Donor Darah

Kasus DBD Naik, PPDI Minta Perempuan RI Ikut Donor Darah

Peringati Hari Kartini, Srikandi Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) mengajak ratusan perempuan melakukan aksi donor darah untuk kemanusiaan, di Sekolah polisi Wanit

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024