Pemerintah Gelar Operasi Pasar

VIVAnews - Pemerintah akan menggelar operasi pasar dan pasar murah untuk menekan harga bahan pokok yang mulai merangkak naik. Kenaikan harga beras misalnya,  ada yang mencapai 15 persen.

Menurut Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, harga beras rata-rata mengalami kenaikan dibawah 10 persen pada Januari dibandingkan dengan Desember 2009. Namun di beberapa daerah seperti Mataram, Jayapura, Palu, DIY, DKI naik hingga 15 persen. Hal itu disebabkan faktor musiman karena bukan dalam masa panen sehingga suplai berkurang.

Pemerintah mulai menggelar operasi pasar untuk beras di DKI Jakarta, Palu, Jayapura yang akan diteruskan. Operasi pasar akan dilakukan Bulog yang langsung menjual ke pasar.

Menurut Menko Perekonomian Hatta Rajasa, untuk menangani kenaikan harga beras, maka raskin akan dipercepat. Operasi pasar juga akan dilakukan di beberapa tempat.

"Dilaporkan juga dalam waktu dekat sudah mulai panen raya pada Maret-April, sementara Desember-Januari itu belum panen kita," kata dia seusai rapat terbatas di Istana Bogor Kamis 21 Januari 2010.

Sementara itu Marie menambahkan untuk komoditas gula, gula impor akan masuk ke Indonesia 500 ribu ton mulai Januari hingga April mendatang. Impor gula ini akan membantu pasokan gula sebelum musim giling tiba. "Impor masuk karena saat ini kita bukan musim giling," kata dia.

Sedangkan untuk minyak goreng mengalami kenaikan sekitar 8 persen. Kenaikan minyak goreng lebih banyak disebabkan karena kenaikan fluktuasi harga minyak dan kenaikan minyak goreng di dunia.

Cara untuk menekan harga adalah pemerintah akan menggelar pasar murah dengan menjual Minyakita yang harganya di bawah harga minyak kemasan.

Dalam rapat terbatas itu presiden juga berpesan agar cuaca tidak mengganggu distribusi. Presiden meminta agar daerah dapat melibatkan daerah agar segera melaporkan jika ada keterlambatan distribusi.

hadi.suprapto@vivanews.com 

Megawati Bersedia Bertemu Prabowo tapi Ada Syarat-syaratnya, Kata Elite PDIP
Ilustrasi kucing

Feline Lower Urinary Tract Disease: All Cat Lovers Need to Know

Feline lower urinary tract disease (FLUTD) is a term that refers to several conditions affecting your cat’s lower urinary tract, including the urethra (a thin tube that c

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024