Mengapa Pria Lebih Peduli Kesehatan

VIVAnews - Pria cenderung memiliki tingkat kepedulian yang tinggi terhadap kesehatannya, daripada wanita. Kesimpulan itu berdasarkan banyaknya pria yang lebih rutin melakukan cek kesehatan ke rumah sakit.

Seperti tergambar dari data Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, yang menunjukkan, 60 persen pasien cek kesehatan adalah pria. "Beberapa pria lebih sadar untuk melakukan tes kesehatan. Sementara wanita merasa lifestyle atau gaya hidupnya lebih baik dari pada pria,” kata Kepala Unit Executive Health Check-up RS Pondok Indah, Dr Yuliana, Kamis 21 Januari 2010.

Rata-rata wanita juga enggan melakukan cek kesehatan karena takut hasilnya buruk. Wanita juga sering mengurungkan niat untuk tes kesehatan karena khawatir biaya mahal, atau alasan klasik tidak memiliki banyak waktu.

Padahal melakukan cek kesehatan menyeluruh secara berkala sangat penting dan hanya butuh waktu sekitar 4,5 jam. Cek kesehatan mampu mendeteksi penyakit lebih dini. Dengan demikian, penyakit dapat segera ditangani sebelum parah. Dan tentunya, pengobataan saat penyakit belum parah jauh lebih mudah dan murah.

“Jangan sampai penyakit ganas seperti kanker baru diketahui saat masuk stadium lanjut. Biaya pengobatannya juga akan lebih mahal dan sulit disembuhkan. Untuk itu, mencegah lebih baik daripada mengobati,” katanya.

Yuli menambahkan, cek kesehatan menyeluruh secara rutin sangat baik dilakukan pria dan wanita yang telah mencapai usia 18 tahun. Sebab, pola hidup mulai tidak teratur dan aktivitas kehidupan meningkat pada usia itu. Apalagi, kondisi lingkungan dan gaya hidup masyarakat saat ini berpotensi memicu beragam penyakit dan gangguan kesehatan.

“Idealnya check-up kesehatan dilakukan setiap setahun sekali, namun jika telah memasuki usia lanjut ada baiknya dilakukan enam bulan sekali. Ini penting karena di usia lanjut kondisi kesehatan seseorang sudah mulai menurun,” ucapnya.

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5
Azizah Salsha dan Pratama Arhan

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Usai pertandingan tersebut, ternyata Pratama Arhan langsung curhat kepada sang istri, Azizah Salsha melalui pesan singkat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024