Piala AFF

Indonesia Kandidat Tuan Rumah Penuh

VIVanews - Kondisi politik Thailand sedang tak menentu. Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) mulai berpikir untuk memindahkan tuan rumah Piala AFF ke Indonesia.

Desakan mundur terhadap Perdana Menteri Thailand, Somchai Wongsawat, kian santer. Demonstran menduduki dua bandara Internasional Thailand, Suvarnabhumi dan Don Muang. Pemerintah Negeri Gajah Putih juga sudah menyatakan situasi darurat di dalam negeri.

Padahal, mulai 5 Desember 2008 mendatang, Thailand bersama Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala AFF. Turnamen yang dulunya dikenal dengan nama Piala Tiger itu, menempatkan Thailand di Grup B bersama Laos, Malaysia dan Vietnam.

Jika kondisi Thailand terus tak menentu, Indonesia berpeluang menggelar dua penyisihan Piala AFF sekaligus. Indonesia akan menjadi tuan rumah penuh kejuaraan sepakbola antar negara Asia Tenggara itu.

"Sampai saat ini belum ada keputusan dari AFF. Tapi, kami sudah mengantisipasi bila Indonesia ditunjuk sebagai penyelenggara penyisihan Grup B menggantikan Thailand," ujar Joko Driyono, Ketua Panitia Piala AFF. "Bila hal ini terjadi, kemungkinan penyisihan Grup B akan digelar di luar Jakarta. Mengingat keterbatasan stadion dan juga musim hujan yang selama ini melanda Jakarta."

Dua venue jadi opsi penyelenggaranya, yaitu Stadion Jalak Harupat, Bandung dan Jakabaring, Palembang. Namun, melihat kelancaran akses transportasi dari hotel ke stadion, Jakabaring jadi kandidat kuat.

"Bila seluruh pertandingan digelar di Jakarta, kami khawatir terjadi overload. Karena itu, kemungkinan pertandingan penyisihan Grup B akan digelar di luar Jakarta," kata Joko lagi.

Sampai sore ini, Joko belum mendapatlan keputusan dari AFF. Menurutnya, keputusan AFF akan ditentukan malam ini.

Piala AFF akan dibuka di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 5 Desember 2008. Sementara itu, laga final dihelat di Stadion Raja Manggala, Thailand, 28 Desember 2008.

Menko Polhukam Sebut Transaksi Judi Online 3 Bulan Pertama di 2024 Capai Rp 100 T
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

In Memoriam: Prestasi Gemilang Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu

Pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo dikabarkan meninggal dunia pada Rabu, 24 April 2024. Mooryati Soedibyo dikenal sebagai seorang pengusaha.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024