Setiap Dua Jam Balita di Bandung Meninggal

VIVAnews - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jawa Barat mendata tahun 2008 ini, setiap harinya dalam waktu dua jam sekali balita di Jawa Barat meninggal dunia.

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Menurut Wakil Ketua IDAI Jawa Barat Kusnandi Rusnio, penyebab kematian balita dibawah satu tahun akibat kesalahan dalam persalinan.

Sedangkan balita yang meninggal diatas usia satu tahun rata-rata diakibatkan inveksi saluran pernafasan. "Faktor kematian lainnya karena  kurangnya pendidikan si ibu mengenai pentingnya hidup bersih dan sehat, mereka rata-rata berada pada masyarakat golongan ekonomi kurang mampu dan terpencil," ujar Kusnandi, Jumat, 28 November 2008.

Kusnandi menambahkan upaya pencegahan sebenarnya dapat dilakukan melalui pemberian vaksin yang dapat dilakukan seperti pemberian imunisasi vaksin, hepatitis B, BCG, DPT, Polio, Campak atau vaksi lain yang didatangka dari luar negeri seperti HIB, Ponemopokus, MMR, Influensa, Tipus dan Diare.

"Jangan menganggap tabu dengan imunisasi apalagi mengatakan haram, karena vaksi yang diberikan itu telah mengalami pengolahan terlebih dahulu sehingga dapat dijamin sterilisasinya," jelas Kusnandi.

Laporan: Sigit Zulmunir/Bandung.

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) perdana kunjungan ke IKN

Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

enteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap 2.086 hektar tanah di Ibu Kota Nusantara (IKN) masih bermasalah. Lahan itu, kata dia, masih ditempati oleh masya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024