Aksi Pembobolan ATM

Tips Bos Mandiri: Aktifkan SMS Banking Anda!

VIVAnews - Direktur PT Bank Mandiri, Bambang Setiawan meminta masyarakat agar tetap tenang dengan merebaknya berita pembobolan ATM bank. Alasannya, total transaksi pembobolan tersebut sangat kecil dibandingkan dengan total transaksi di perbankan.

"Masyarakat harap tenang menyimpan uangnya di bank," ujar Bambang seusai mengikuti pertemuan di BI, Jakarta, Jumat, 22 Januari 2010.

Dia memberikan contoh di Bank Mandiri belum ada modus pembobolan ATM seperti ramai diberitakan. Namun demikian, secara prosedur Mandiri tetap melakukan pengamanan, baik secara fisik, serta patroli untuk mengecek ATM. "Kami kerahkan patroli di semua ATM."

Selain itu, dengan memasang kamera CCTV sehingga yang melakukan kejahatan di ATM bisa diketahui. Sebagian ATM Mandiri juga dijaga sehingga jika ada penjahat memasang alat dapat diketahui.

Mandiri juga melakukan pengamanan lewat sistem. Caranya dengan memasukkan sistem yang bisa mendeteksi kemungkinan fraud serta pemasangan alat-alat anti skimming. "Jika ada keluhan, nasabah diminta segera menyampaikan ke bank. Ini sudah prosedur tetap."

Kepada nasabah, Bambang mengingatkan agar mereka mengamankan rekeningnya, dengan cara menjaga kerahasiaan PIN, mengganti PIN, dan menutup PIN saat melakukan transaksi sehingga tidak bisa diintip oleh kamera.

"Kalau nasabah memiliki SMS banking, aktifkan, sehingga jika ada transaksi itu akan bunyi," kata Bambang. Jadi, kalau nasabah merasa tidak melakukan transaksi bisa segera menelepon 14000. Batalkan transaksi jika ada tanda-tanda mencurigakan di ATM.

Setelah Syuting di Mekkah dan Madinah, Film Dua Surga Dalam Cintaku Siap Tayang di Indonesia
Sebastian Szymanski

Tottenham Siapkan Rekor Baru Demi Bintang Euro, Man Utd dan Arsenal Gigit Jari 

Tottenham Hotspur telah menyusun tawaran saat mereka mencoba mengalahkan Manchester United dan Arsenal dalam perburuan bintang Polandia, Sebastian Szymanski.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024