Kerjasama Pendidikan

Mahasiswa Yogya Rintis Pertukaran di Ceko

VIVAnews - Departemen Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Ceko mendukung upaya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Praha dalam mempererat kerjasama pendidikan bilateral melalui program pertukaran mahasiswa dan Beasiswa Darmasiswa.

Pernyataan tersebut disampaikan Jindrich Fryc, Direktur Jenderal Hubungan Internasional Kementrian Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Ceko, pada saat menemui Azis Nurwahyudi, Consellor Pensosbudpar KBRI Praha, Selasa 19 Januari 2010.

Pada pertemuan tersebut KBRI Praha menjelaskan bahwa peningkatan kerjasama bidang pendidikan ini merupakan implementasi hasil Sidang Komisi Bersama RI-Ceko yang disepakati kedua negara pada Agustus 2009 lalu, dan merupakan pelaksanaan dari Perjanjian Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan yang ditandatangani 31 Mei 1958 yang masih berlaku sampai saat ini.

KBRI Praha juga menjelaskan tentang berbagai kerjasama di bidang pendidikan yang dilakukan beberapa universitas di Indonesia dengan Ceko, seperti telah ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’ Yogyakarta dengan Metropolitan University Prague (MUP) dan antara Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dengan Akademi Seni Ceko (AMU) tahun 2009 lalu.

KBRI Praha juga menginformasikan mengenai Beasiswa Darmasiswa yang diberikan kepada mahasiswa dan pemuda Ceko yang tertarik untuk mempelajari Seni Budaya dan Bahasa Indonesia di berbagai universitas di Indonesia.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi

Sejak tahun 1995 terdapat 76 mahasiswa Ceko yang telah mengikuti program Darmasiswa dan saat ini mereka bekerja atau aktif dalam berbagai organisasi di Ceko. Sebagian dari mereka aktif membantu promosi Indonesia di Ceko dalam berbagai bidang termasuk dalam kerjasama pendidikan.

Pada pertemuan tersebut juga diperkenalkan Raka Tantra Pamungkas, peserta pertukaran mahasiswa dari UPN ‘Veteran’ Yogyakarta yang akan belajar di MUP mulai Februari 2010, sebagai implementasi pelaksanaan MoU kedua universitas. Terwujudnya kerjasama antara UPN ‘Veteran’ Yogyakarta dengan MUP salah satunya juga karena adanya alumni Darmasiswa yang mengajar di universitas tersebut.

Jindric Fryc menyambut baik upaya upaya tersebut dan berjanji akan membantu terlaksananya berbagai kegiatan yang dirancang antar universitas dari kedua negara.

Ilustrasi simbol bendera PDIP saat Peringatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

Sikap politik PDIP yang saat ini ditunggu-tunggu, apakah memilih menjadi oposisi dari pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, atau ikut masuk di dalamnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024