Turki Ringkus 120 Anggota Al Qaida

VIVAnews - Kepolisian Turki meringkus 120 tersangka teroris Al Qaida. Penangkapan itu termasuk para pemimpin kelompok.

Kantor berita Turki Anatolian edisi Jumat 22 Januari 2010 mengungkapkan, penangkapan dilakukan pada 16 provinsi termasuk di ibukota Istambul.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Operasi penangkapan teroris secara besar-besaran dimulai awal pekan dengan menangkap 25 anggota Al Qaida. Selama penangkapan, kepolisian menyita peralatan untuk membuat bahan peledak, kartu identitas palsu dan alat penyamaran.

Menurut media  Turki, salahsatu tersangka yang berhasil diringkus adalah pimpinan Al Qaida Turki, Serdar Elbasa, yang dikenal dengan sebutan Abu Zer. Terangka lain adalah pimpinan AlQaida di provinsi Gaziantep dekat perbatasan Syiria.

Polisi melancarkan penangkapan sporadis terhadap kelompok militan di Turki termasuk separatis Kurdi, dan kelompok ekstrem nasionalis kiri. Al Qaida memulai serangan di Turki sejak 2003 yang membunuh lebih dari 60 orang dalam berbagai serangan bom di Istanbul.

PM Israel Benyamin Netanyahu bersama Batalion khusus Netzah Yehuda

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Netzah Yehuda merupakan salah satu empat batalion yang membentuk brigade infanteri Kfir. Batalyon tersebut sebagian besar beroperasi di Tepi Barat yang dikirim berperang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024