KPK Teliti Penggunaan Dana LPS

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan meneliti apakah penggunaan dana Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dalam kasus bail out Bank Century masuk ke dalam ranah tindak pidana korupsi.

Pernyataan tersebut dikemukakan oleh Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan M Jasin kepada para wartawan di Gedung KPK Jakarta, Selasa 26 Januari 2010.

"Nanti akan terlihat dari hasil penelitian apakah terjadi tindak pidana korupsi," kata Jasin. Dia menegaskan dana yang mengalir di LPS masuk ke dalam keuangan negara.

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR, Senin 25 Januari 2010, KPK menegaskan status uang LPS ini kepada anggota Dewan.

"Ini mengacu pada UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi," kata Pelaksana Tugas Ketua KPK, Tumpak Panggabean, dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi Hukum DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 25 Januari 2010.

Wakil Ketua Chandra M Hamzah menjelaskan bahwa keuangan negara adalah seluruh kekayaan negara dalam bentuk apapun. Kekayaan itu, termasuk keuangan yang dipisah maupun yang tidak dipisahkan dari lembaga.

Termasuk di dalam keuangan negara itu adalah kekayaan yang timbul karena berada dalam penguasaan, pengurusan, atau pertanggungjawaban pejabat lembaga negara baik di tingkat pusat maupun daerah.

Selain itu, kekayaan negara juga dapat timbul akibat berada dalam pengusahan atau pengurusan yayasan atau badan hukum dan perusahaan yang menyertakan modal negara atau perusahaan yang menyertakan modal ketiga berdasarkan perjanjian dengan negara.

"Jika mengacu pada pengertian itu, maka definisi keuangan negara dalam UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sudah sejalan UU Keuangan Negara," jelas Chandra.

Untuk menentukan apakah ada kerugian negara, kata Chandra, dapat dilihat adanya pengurangan atau hilangnya uang negara secara riil dan nyata. Hilangnya uang negara ini akibat perbuatan melawan hukum atau penyalahgunaan kewenangan. "Maka itu telah terjadi kerugian keuangan negara dan untuk menentukan kerugian itu dapat menggunakan ahli dari BPK," jelasnya.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024