Avatar Raja Box Office Sepanjang Masa

VIVAnews - Sekali lagi James Cameron menjadi raja film di dunia. Setelah diputar selama enam minggu, pada Senin 25 Januari 2010 kemarin, film terbarunya "Avatar" resmi menjadi film paling menghasilkan sepanjang masa.

Rekor sebelumnya juga dipegang film karya Cameron "Titanic" yang menghasilkan US$ 1,843 miliar. Jumlah itu baru dilampaui "Avatar" pada Senin lalu dengan perolehan US$ 1,859 miliar atau jika dolar adalah Rp 9.000 maka setara Rp 16,731 triliun.

Namun di Amerika Serikat, Avatar masih kalah oleh Titanic. Avatar yang bercerita mengenai penjelajahan manusia di sebuah planet bernama Pandora itu kalah perolehan sekitar US$ 46 juta.

Menurut Paul Dergarabedian, Presiden Box Office Hollywood.com, Avatar menjadi mesin uang terbanyak berkat penampilan 3 dimensinya, sebuah fitur yang tak dipunyai Titanic yang dirilis 1997 lalu. Selain itu, penghasilan yang besar ditunjang harga tiket yang lebih mahal dibanding era Titanic.

Bahkan, jika memperhitungkan inflasi, Avatar harus bertekuk lutut pada film klasik "Gone With the Wind" yang dikalkulasi dengan standar sekarang memperoleh US$ 1,5 miliar hanya dari penonton di Amerika Serikat. Namun Avatar masih berpeluang mengalahkannya, mengingat baru diputar selama enam minggu.

Berikut lima film berpenghasilan terbanyak menurut Hollywood.com:
1. Avatar - US$ 1,859 miliar
2. Titanic - US$ 1,843 miliar
3. Lord of The Ring - US$ 1,129 miliar
4. Pirates of Carribean: Dead Man’s Chest - US$ 1,061 miliar
5. Dark Knight - US$ 1.002 miliar.

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres
dana asing

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat, modal asing keluar atau capital outflow di pasar keuangan domestik mencapai Rp 21,46 triliun di pekan ketiga April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024