Pemda Pertimbangkan Bangun Fly Over ke Depok

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan akan menajamkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Fauzi mengaku akan memfokuskan rencana pembangunan Transjakarta koridor 11-15.

Penajaman juga termasuk rencana pembangunan fly over di Transjakarta koridor 14 (UI Depok-Pasar Minggu-Manggarai). "Ini jalannya sempit, itu direncanakan di atas. Seperti fly over, saya minta dipertajam," kata Fauzi Bowo di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 1 Februari 2010.

Fauzi menjelaskan pengajian dilakukan untuk mengetahui apakah fly over akan digunakan untuk lalu lintas umum (through traffic) atau untuk Transjakarta.

"Misalnya jalan Pasar Minggu ke Pancoran kan sempit, Transjakarta bisa mengambil satu jalur dari dua jalur yang ada sekarang, sehingga jalurnya sisa satu, kemudian through traffic-nya di atas," kata Fauzi.

Pemerintah DKI juga akan membahas pembangunan dan peruntukkan jalan susun di sepanjang Depok-TB Simatupang. "Itu kan belum ada detail engineering-nya, segera didahulukan dalam rangka RPJMD," ujar Fauzi.

Fauzi mengakui bahwa dalam RPJMD tidak disebutkan mengenai peruntukkan fly over. Dia juga menyatakan pembangunan fly over ini akan menelan banyak biaya. "'Mahal sekali karena panjang," kata dia.

Selain itu, permasalahan seputar koridor 15 (Ciledug-Blok M) juga akan dibahas dalam penajaman RPJMD. Hambatan terutama mengenai sempitnya jalan Ciledug. Fauzi mengatakan pemerintah sedang mempertimbangkan pembangunan koridor Transjakarta atau moda transportasi massa (MRT) lainnya.

"Jalannya sempit, apakah itu jadi dipasang Transjakarta, atau MRT, sehingga Transjakarta-nya bsa diganti dengan feeder saja," tutur Fauzi.

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5
Azizah Salsha dan Pratama Arhan

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Usai pertandingan tersebut, ternyata Pratama Arhan langsung curhat kepada sang istri, Azizah Salsha melalui pesan singkat.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024