Kapolda: Korban Babe 14 Orang, Ini Terbesar

VIVAnews - Korban pembunuhan berantai dengan pelaku tunggal Baekuni alias Babe sudah mencapai 14 orang. Ini adalah kasus terbesar dan terfenomenal.

"Ini adalah kasus yang terbesar daripada kasus fenomenal lainnya, seperti Robot Gedhek dan Ryan," kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Wahyono di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin 1 Februari 2010.

Robot Gedhek alias Siswanto adalah pelaku pembunuhan dan pelecehan seksual yang menggemparkan publik pada 1996. Karena perbuatannya yang mendirikan bulu kuduk itulah kemudian dia mendapat julukan Robot Gedhek. Dia menyodomi dan membunuh sebanyak 12 anak.

Sedangkan Very Idham Henyansyah alias Ryan, dikenal sebagai 'penjagal' dari Jombang. Ryan diduga kuat membunuh 11 korban.

Ryan didakwa dengan pasal berlapis. Dakwaan primer pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman pidana mati.

"Sampai saat ini, memang angka ini yang terbesar. Dari jumlah pertama hingga angka 14 orang. Dengan ditangkapnya Babe, mudah-mudahan kejahatan seperti ini dapat dicegah," kata Wahyono.

Seperti diketahui, pengakuan terakhir dari pembunuh berantai yang juga pedofil itu semakin mengejutkan. Pengakuan baru itu adalah tambahan empat orang korban yang belum lama diakui Babe.

Korban-korban itu, masih usia anak-anak, dibawa dari Jakarta dan dibantai di daerah. "Ini pengakuan baru, tercatat total korban untuk sementara mencapai 14 orang," kata pengacara Babe, Rangga Beri Rikuser, dalam perbincangan dengan VIVAnews, Sabtu 30 Januari 2010.

"Pengakuan baru itu disampaikan pekan ini, sekitar hari Senin hingga Rabu kemarin," ujar dia. Meski demikian, Rangga belum bisa menyampaikan data korban terbaru berdasarkan pengakuan Babe.

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi


ismoko.widjaya@vivanews.com

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Hadiri Akad Nikah Putri Gubernur Jambi

Ketua DPRD Jambi Hadiri Akad Nikah Pernikahan Putri Sulung Gubernur Al Haris

Ketua DPRD Jambi, Edi Purwanto bersama istri menghadiri akad nikah Esy Risdianti, putri sulung Gubernur Jambi Al Haris.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024