Korupsi Pajak

Dirjen Pajak: Lapor Polisi Jika Pajak Ditilep

VIVAnews - Adanya publikasi 100 penunggak pajak beberapa waktu lalu telah membuat pertentangan persepsi banyak pihak. Salah satunya Manajemen PT Semen Gresik Tbk (SMGR) menyatakan anak usaha perseroan, PT Semen Tonasa telah melunasi kewajiban pajak untuk periode Januari 2001 hingga Juni 2002.

Semen Tonasa menyatakan telah melakukan pembayaran ke nomor rekening kantor pos Makassar dan menerima bukti pembayaran yang sah. Namun, ujar Sekretaris Perusahaan Semen Gresik Sunardi Prionomurti dalam penjelasan tertulis perseroan yang dipublikasikan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Rabu 3 Februari 2010 mengatakan, dana yang telah disetorkan tersebut ternyata tidak pernah masuk ke rekening negara.

"Kalau memang ada yang ditilep seperti itu, silahkan ngomong langsung, lapornya sama polisi. Siapa yang nilep, dimana?," ujar Dirjen Pajak Mochammad Tjiptardjo di DPR, Kamis malam, 4 Februari 2010.

Ditjen Pajak, kata dia, dengan senang hati melayani perihal pengusutan kasus korupsi seperti itu. Kalau memang terbukti benar adanya, Ditjen Pajak mengucapkan terimakasih untuk mewujudkan good governance di lingkungan Ditjen Pajak.

Tjiptardjo mengatakan, data yang dimiliki Ditjen Pajak memang sifatnya dinamis. Data yang diumumkan hari ini, bisa jadi di satu kedepannya berubah lagi karena memang ada saja wajib pajak yang membayar.

"Jadi kalau mau jelas, ya datang ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) langsung," katanya.

"Saya kira tidak ada perubahan, data sudah saya kasih ke DPR untuk ditindaklanjuti. Kalaupun ada yang berubah, saya tidak akan memberi informasi, saya kan tidak wajib menyampaikan kepada publik. Presiden saja sudah ngomong karena ada berita di koran, saya tidak mau ini menjadi masalah politis.

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

Urusannya, kata dia, dengan KPP yang bersangkutan. "Nanti kalau memang datanya kalau ada yang tidak sama ya diselesaikan di KPP yang bersangkutan," ujar dia. Menurut Tjiptardjo, itulah kenapa pentingnya data itu terbaca per tanggal berapa diterbitkan.

Arema FC vs Persebaya Surabaya

Pesan Widodo Untuk Pemain Arema FC Usai Kalah Dari Rival 

Arema FC harus menelan malu usai kalah dari tim rival Persebaya. Singo Edan menyerah 0-1 pada laga yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024