Sampah Bantar Gebang Diolah Jadi Listrik 2 MW

VIVAnews - Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Kota Bekasi, akan melakukan uji coba penggunaan listrik berkapasitas 2 Megawatt (MW). Nantinya, uji coba dilakukan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo dan Walikota Bekasi Mochtar Mohammad.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Eko Bharuna menjelaskan sejak pertama kali beroperasi, TPST Bantar Gebang terus berupaya melakukan percobaan pengolahan sampah menjadi tenaga listrik. Percobaan dengan menggunakan sistem teknologi modern ini, akhirnya membuahkan hasil yakni, dapat mengalirkan arus listrik meski belum sesuai dengan target.

Eko menambahkan lantaran kapasitas listrik yang dihasilkan baru 2 MW atau masih jauh dari target awal yakni 26 MW, maka listrik hasil pengolahan sampah ini hanya akan didistribusikan untuk kegiatan internal TPST Bantar Gebang. Namun, jika berhasil mengalirkan listrik berkapasitas 26 MW, maka aliran listrik itu nantinya didistribusikan melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk dimanfaatkan warga Bekasi dan sekitarnya.

“Kami bisa mengurangi beban listrik yang harus ditanggung oleh PLN Bekasi. Atau paling tidak dapat menambah daya listrik yang dibutuhkan Bekasi,” kata Eko.

Uji coba dilakukan Pemprov DKI Jakarta dengan Pemkot Bekasi. Sebab, keberadaan TPST Bantar Gebang merupakan kerja sama yang melibatkan kedua daerah itu dengan pihak ketiga sebagai pengelolanya. Uji coba juga dilakukan untuk mengetahui efektifitas listrik yang dihasilkan melalui pengolahan sampah dan untuk mengetahui kemungkinan peningkatan daya listrik agar dapat dijual kepada masyarakat sekitar.

Dengan hasil itu, Eko optimis meski volume sampah dari Jakarta selalu naik setiap tahun, namun tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Sebab, katanya, TPST Bantar Gebang dapat mengolah tumpukan sampah tak berguna menjadi sesuatu yang bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Eko juga berharap hal yang sama akan berlaku juga di TPST Ciangir, Tangerang, Banten. Selain TPST Bantar Gebang dan TPST Ciangir, Dinas Kebersihan DKI Jakarta juga akan membangun TPST Marunda, Jakarta Utara pada 2011.

Rencananya, proses lelang pengelolaan TPST Marunda akan dibuka April 2011 dan ditargetkan beroperasi pada akhir 2011. “Enam bulan setelah proses pengolahan, ditargetkan TPST Marunda dapat menghasilkan listrik sebesar 10 MW,” katanya.

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal
Ini Dia Para Tersangka Penembakan di Moskow Rusia

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Dalam berita terbaru yang mengejutkan, dilaporkan bahwa empat teroris yang terlibat dalam serangan mengerikan di gedung konser Balai Kota Crocus dekat Moskow pada Jumat,

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024