Aburizal Adukan Tempo Ke Dewan Pers

“Sama Sekali Tak Bermaksud Menghina”

VIVANews – Pemimpin Redaksi Majalah Tempo, Toriq Hadad, mengatakan pencantuman angka 666 di dahi kiri Aburizal Bakrie pada sampul majalah bukan untuk menghina.

Catat! Inilah 5 Bulan Terbaik untuk Menikah Menurut Islam

“Sama sekali tidak bermaksud menghina atau memberi cap buruk dengan memilih angka tertentu untuk diletakkan di tempat tertentu,” kata Toriq saat dipanggil Dewan Pers, Selasa 2 Desember 2008.

Selain isi tulisan, Aburizal juga memperkarakan sampul majalah edisi "Siapa Peduli Bakrie". Sebab, Tempo meletakkan angka 666 di dahi kiri Aburizal. Angka ini merupakan simbol iblis dalam Kitab Injil. Sohor dikenal publik angka 666 itu memang simbol setan. Simbol iblis ini dipakai, kata Aburizal, sengaja untuk menghina dirinya.

PKS Berterima Kasih kepada Anies-Cak Imin dan Merasa Bangga Jadi Koalisi Perubahan

Toriq mengatakan sampul itu hanya ilustrasi atas isi tulisan laporan utama Majalah Tempo. Menurut Toriq, pihaknya menggunakan teknik penimbunan angka-angka sehingga membentuk wajah Aburizal. “Angka 6 atau 9 dalam sampul penggambaran di sini semata-mata untuk memenuhi kesesuaian dengan bidang yang tersedia,” katanya.

Secara pribadi, Wakil Ketua Dewan Pers, Leo Batubara, mempertanyakan pembuatan karikatur wajah tokoh semacam itu. “Bolehkah membuat karikatur dengan menampilkan sosok atau wajah lebih buruk dari kenyataan yang sebenarnya?” katanya.

Astra Agro Lestari Sepakati Pembagian Dividen Final Rp 165 Per Saham

Menurut Leo, apabila karikatur itu mendukung keseluruhan isi berita yang dipublikasi media, maka sah dilakukan. Sebaliknya, bila ilustrasi itu sama tidak mencerminkan tulisan, itu bisa masuk pelanggaran kode etik.

Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan

Timnas Indonesia U-23 Dapat Kabar Baik Jelang Lawan Korea Selatan

Timnas Indonesia U-23 dapat kabar baik jelang pertandingan melawan Korea Selatan pada babak 8 besar Piala Asia U-23 2024. Duel ini akan berlangsung di Stadion Abdullah.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024