Penyalahgunaan Teknologi

Google Earth Jadi Andalan Teroris

VIVAnews -Teroris yang menyerang beberapa lokasi di selatan Mumbai, India, minggu lalu menggunakan peta digital dari Google Earth untuk mempelajari peta dan jalan di sekitar target mereka. Hal itu diungkapkan oleh pihak berwajib yang menyelidiki serangan tersebut.

Dari penyelidikan yang dilakukan oleh kepolisian Mumbai, termasuk interogasi terhadap seorang teroris yang tertangkap, terungkap bahwa para teroris sangat terlatih dalam memanfaatkan teknologi seperti telepon satelit dan perangkat GPS. Para teroris diperintahkan untuk mengingat peta jalan-jalan di kawasan Mumbai yang ditampilkan Google Earth untuk memudahkan mereka menemukan target. Dengan bantuan GPS, teroris juga makin mudah mencapai tujuan mereka.

Bukan kali ini saja Google Earth dituduh sebagai perangkat yang berbahaya jika digunakan oleh teroris. Mantan presiden India, A.P.J. Abdul Kalam pernah memperingatkan tahun 2005 lalu bahwa foto-foto satelit dari Google Earth dapat membantu teroris dalam menjalankan serangan. Pihak berwajib di India, Cina, dan negara-negara lain juga sempat khawatir bahwa instalasi militer rahasia mereka bisa terungkap secara luas.

Foto-foto Google Earth memang tersedia secara umum dan dimanfaatkan juga oleh institusi sosial atau kemanusiaan untuk melakukan kegiatannya, kata seorang juru bicara Google pada Computer World, Senin 1 Desember 2008.

Meskipun dilaporkan menggunakan peta Google Earth, lokasi-lokasi yang diserang oleh teroris minggu lalu bukanlah instalasi pertahanan atau instalasi sensitif lainnya. Informasi yang digunakan oleh teroris dari Google Earth seputar lokasi yang mereka serang juga tersedia di peta untuk turis yang mengunjungi Mumbai. Informasi seperti hotel, restoran, kompleks penginapan, stasiun kereta, adalah informasi yang bisa didapatkan oleh turis biasa.

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!
Layanan Bengkel Siaga Suzuki 2024

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Tradisi mudik Lebaran tahun ini diprediksi akan kembali ramai setelah dua tahun terhambat pandemi COVID-19. Untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan pemudik, PT Suzuki I

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024