Gus Sholah dan Achmad Bagja Cocok Pimpin NU

SURABAYA POST -- Pengurus Cabang Nadhatul Ulama (PC NU) Kota Batu menyebut dua nama yang dijagokan untuk menjadi ketua umum PB NU pada Muktamar ke-32 NU. Dua nama tersebut adalah Achmad Bagja dan Sholahudin Wahid (Gus Sholah), demikian disampaikan Sekretaris Dewan Tanfidz PC NU Kota Batu, Ashar Chilmi, 11 Maret 2010.

Menurut Ashar, kedua calon tersebut mempunyai kapabilitas yang tidak perlu diragukan lagi. “Selain Achmad Bagja dan Gus Sholah, PC NU Kota Batu menilai tidak ada nama lain yang akan dicalonkan,” kata Ashar.

Selain lama berada di struktur PB NU sehingga lebih memahami organisasi, kedua nama itu juga dinilai PC NU Batu sering turun ke bawah. Keduanya juga dinilai bisa membawa NU menjaga jarak dengan politik praktis.

“Memang ada nama KH. Said Aqiel Siradj, namun beliau terlalu tinggi dalam jangkauan untuk menjadi ketua umum PB NU. KH. Said Aqiel Siradj merupakan pemikir handal yang dimiliki NU, namun untuk menjadi ketua saya pikir tidak,” kata Ashar yang juga anggota KPUD Batu ini.

Mengenai siapa yang akan dipilih, apakah Gus Sholah atau Achmad Bagja, dia mengaku belum bisa memastikan. PC NU Kota Batu sendiri rencananya pada Sabtu (13/3) nanti menggelar agenda pra muktamar dan peringatan hari lahir (harlah) NU di Graha Wangsa Kota Batu. Agendanya, diklat dakwah dan sosialisasi pedoman organisasi selain launching koperasi NU.

“Pada Sabtu besok itu juga persiapan muktamar sekaligus pemantaban calon nama yang akan dicalonkan dihadapan para pengurus MWC NU se-Kota Batu,” kata Ashar.

Laporan: Zainul Arifin

Farhat Abbas Diperiksa Polisi Pekan Ini soal Laporan Penistaan Agama ke Pendeta Gilbert
VIVA Militer: Peltu Bambang

Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita

Peltu Bambang sedih lihat petani hidup menderita.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024