Mengelola Isi Kocek di Tengah Krisis

VIVAnews - Imbas gempa finansial di Amerika Serikat semakin terasa di Indonesia. Jika krisis terus berlanjut, tidak hanya keuangan institusi atau lembaga saja yang kena imbasnya, keuangan keluarga juga bisa ikut terguncang akibat kehilangan pekerjaan atau tingginya harga kebutuhan pokok.

Lalu apa yang harus dilakukan di tengah krisis agar keuangan keluarga tidak ikut keteteran? Mike Rini, perencana keuangan dari Mike Rini & Assosiates mengingatkan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengendalikan gaya hidup dengan menghindari konsumerisme.

 Sebab keputusan Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuannya (BI rate) dari 9,25 persen menjadi 9,5 persen akan membuat bunga kredit membumbung tinggi, khususnya kredit-kredit konsumtif.

Kedua, tetapkan anggaran untuk investasi. Di tengah kondisi apapun, krisis atau tidak, investasi tetap nomor satu. "Berapa pun tetap harus disisihkan. Idealnya 10-30 persen karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depan," katanya kepada VIVAnews, Kamis 9 Oktober 2008.

Investasi ini tidak hanya dalam bentuk tabungan atau portofolio, bisa juga dalam bentuk emas, properti dan lain sebagainya.

Ketiga, tidak menambah utang, terutama pembelian barang melalui kartu kredit jika tidak ingin membayar bunga tinggi yang mencekik leher.

Keempat, pegang erat polis asuransi. Di saat krisis asuransi tetap diperlukan, sehingga bagi yang telah memiliki polis tidak perlu menghentikannya dengan alasan krisis.

Kelima
, mengendalikan pengeluaran yang paling dominan. Krisis biasanya membuat harga-harga melambung tinggi sehingga akan ada tambahan anggaran untuk membeli kebutuhan pokok. Dengan pengendalian pengeluaran yang cermat diharapkan kita tetap survive di tengah krisis.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024