Malam Takbiran

BI Siapkan Uang di Kas Rp 45 Triliun

VIVAnews - Bank Indonesia menyiapkan dana hingga Rp 45 triliun di kasnya pada malam Takbiran. Dana ini untuk memenuhi kebutuhan selama Lebaran dan libur bersama.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir," kata Deputi Gubernur BI Budi Rocjadi di Jakarta, Rabu 17 September 2008.

Tidak hanya menyiapkan dana triliunan rupiah di kas BI. Untuk mengantisipasi kebutuhan nasabah, perbankan nasional pada hari kerja terakhir, 29 September 2008 juga akan melakukan pengisian dana di mesin-mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) mereka. "Karena biasanya masyarakat membutuhkan biaya kas yang ditarik lewat ATM," kata Budi.

Sebab layanan operasional kas di bank hanya berlangsung hingga 29 September. Layanan perbankan baru buka kembali pada 6 Oktober 2008.

Budi juga menjelaskan dua minggu menjelang Lebaran, terjadi kenaikan pembayaran non tunai melalui RTGS dan kliring dari Rp 170 triliun pe hari menjadi Rp 120 triliun.

Dari segi uang tunai, kenaikannya cukup substansial. Bank Indonesia memperkirakan selama Ramadan dan Lebaran 2008 akan terjadi kenaikan 26 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu. Jika paada 2007 dana yang keluar mencapai Rp 39 triliun, pada 2008 ditaksir sekitar Rp 46 triliun.

Meski pada dua minggu pertama, pengeluaran kas hanya Rp 6,3 triliun, Budi menduga pada dua minggu terakhir pengeluaran kas bank sentral akan melonjak. "Diperkirakan minggu ketiga sekitar Rp 21 triliun dan minggu keempat Rp 19 triliun," katanya. Secara keseluruhan proyeksi uang kartal sampai Lebaran mencapai Rp 273 triliun.

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!
Layanan Bengkel Siaga Suzuki 2024

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Tradisi mudik Lebaran tahun ini diprediksi akan kembali ramai setelah dua tahun terhambat pandemi COVID-19. Untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan pemudik, PT Suzuki I

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024