Saham BUMN Naik

Buyback Saham BUMN Terganjal

VIVAnews -- Langkah pembelian kembali atau buyback saham perusahaan negara terganjal kenaikan harga saham BUMN.

"Kami tidak bisa buyback karena ada kebijakan bahwa pembelian saham kembali hanya bisa dilakukan jika harga hari ini lebih rendah dari kemarin," ujar Menteri BUMN Sofyan Djalil di gedung DPR, Jakarta, Selasa (14 Oktober 2008).

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Dalam perdagangan hari ini, mayoritas saham badan usaha milik negara (BUMN) menguat lebih dari sembilan persen pada transaksi sesi pertama, Selasa, 14 Oktober 2008. PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan menghentikan perdagangan saham secara otomatis (auto rejection) bila kenaikan atau penurunan harga saham mencapai 10 persen.

Berdasarkan data transaksi di BEI, saham-saham BUMN yang menguat signifikan pada penutupan sesi pertama adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), naik 9,85 persen (Rp 650) menjadi Rp 7.250, PT Indosat Tbk (ISAT) menguat 9,83 persen atau Rp 425 poin ke posisi Rp 4.750, dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) terangkat 9,47 persen atau Rp 400 ke level 4.625.

Selain itu, saham PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA) melejit 9,57 persen atau Rp 550 ke posisi Rp 6.300, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) naik Rp 170 ke posisi Rp 1.910, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menguat Rp 110 ke level Rp 1.260, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) terangkat Rp 9 ke posisi Rp 99, dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR) naik Rp 80 menjadi Rp 910.

Di sisi lain, autorejection atau penghentian transaksi secara otomatis. Penghentian ini dilakukan jika harga naik atau turun 10 persen masih menutup transaksi ke atas dan ke bawah. "Jadi, kami tidak bisa beli saham BUMN sama sekali."

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Karena ganjalan itu pula, BUMN pada Senin lalu hanya bisa membeli saham kembali senilai Rp 8 miliar.

Meski begitu, menurut Sofyan, buyback saham masih akan dilakukan. Namun, dengan melihat kondisi ekonomi dunia. Yang sekarang terjadi, langkah penyelamatan atau bail out pemerintah seluruh dunia telah mengembalikan kepercayaan investor. "Kalau pendapat saya sementara yang 10 persen autorejection dibuka saja. Kalau ada yang banting harga ditangkap saja."

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024