Fit and Proper Test Hakim Agung

Ada Peningkatan Soal Integritas



VIVAnews – Sampai Selasa 14 Oktober 2008 pukul 18.00 baru dua calon hakim hakim agung yang menyelesaikan fit and proper test, yakni Muh Ramli dan Nyoman Serikat Putra Jaya. Kedua calon hakim agung ini berasal dari karier dan non karir. Lima calon hakim agung menjalani fit and proper test malam ini.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Menurut Ketua Komisi Hukum Trimedya Panjaitan, dalam fit and proper test seharian ini secara umum penampilan para calon hakim agung memang cukup baik. “Walau pun di sini tidak usah dilebihkan karena takut mempengaruhi opini, nanti seakan-akan mereka yang terpilih menjadi hakim agung,” katanya.

Namun menurut Trimedya, setidaknya ada peningkatan dari calon yang mengikuti fit and proper test sehari sebelumnya. “Termasuk soal integritasnya,” katanya. Soal usia rata-rata para calon hakim agung, menurutnya, secara keseluruhan dari jalur karier paling muda berusia 62 tahun. Hal itu terjadi karena jenjang kariernya yang sedemikian rupa sehingga calon harus berpengalaman setidaknya 20 sampai 30 tahun menjadi hakim di tingkat pengadilan negeri dan pengadilan tinggi.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

Menurut trimedya, hal ini yang menjadi kendala dan nantinya perlu diubah dalam RUU Mahkamah Agung. Seharusnya dari mulai rekrutmen calon hakim misalnya magang sebagai hakim agung cukup 3 tahun dan di tingkat pengadilan negeri juga diturunkan menjadi 15 tahun. “Sehingga dengan demikian nanti jenjang tidak kontradiktif dengan UU MA yang baru,” kata Trimedya.

Pada fit and proper test hari pertama, kemarin, Komisi Hukum menguji enam calon hakim agung, yakni Andi Abu Ayyub Saleh (Universitas Hasanuddin Makasar), Andi Ware Pasinringi (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung), Djafni Djamal (Ketua Pengadilan Tinggi Mataram), I Gusti Made Antara (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Mataram), Kimar Saragih Siadari (Ketua Pengadilan Tinggi Medan), dan Mahdi Sorinda Nasution (Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru). Fit and proper test akan berlangsung hingga Kamis, 16 Oktober 2008 mendatang dan seleksi ini diikuti 18 calon hakim agung.


Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024