Rapat Pleno KPU

Pemungutan Suara Pemilu Pukul 08.00-12.00

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum menyepakati pemungutan suara berlangsung mulai pukul 08.00 sampai 12.00. Setelah itu dilakukan penghitungan yang diharapkan selesai sebelum pergantian hari.

"Di undang-undang tidak diatur harus siang, atau malam," kata Ketua KPU, Abdul Hafiz Anshary, ditemui di kantornya, Kamis, 16 Oktober 2008. "Prinsipnya terlihat terang dan jelas oleh saksi," lanjut Hafiz.

Kesepakatan KPU yang belum dibikin peraturan ini mengacu pada Undang-undang No 10 Tahun 2008 yang menyatakan penghitungan harus selesai dan tiba di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada hari yang sama.

Untuk mempercepat proses pemungutan dan penghitungan, KPU akan mengusulkan penambahan bilik suara dari 4 menjadi 8. Diharapkan, dengan penambahan bilik, antrean pemilih di tempat pemungutan suara (TPS) bisa berkurang sehingga mempercepat penunaian hak.

Penambahan bilik diperlukan karena maksimum jumlah pemilih di satu TPS dipastikan tetap 500, sesuai dengan peraturan yang berlaku. KPU tak mengurangi angka tersebut karena sejumlah provinsi sudah selesai menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) yang berbasiskan TPS. "Kalau diubah lagi, malah bisa mempersulit. Misalnya DKI, yang memang ada 490-an pemilih per TPS," kata Hafiz.

Tapi ada juga daerah yang pemilih TPS tidak sampai 300 orang. Di Bali, TPS disusun berbasis banjar, sehingga ada yang pemilihnya hanya 250 orang.

Tanpa pengubahan jumlah maksimum pemilih ini, jumlah TPS berjumlah 523 ribu.

Anggaran TPS

KPU juga mengusahakan anggaran panitia TPS dan Panitia Pemilihan Kecamatan ditingkatkan. Anggaran kedua panitia ini hanya untuk 8 bulan, karena disusun sebelum UU Pemilu disahkan. Ketika UU disahkan, panitia lokal ini diharuskan bekerja selama 14 bulan.

KPU telah mengusulkan penambahan anggaran melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan. "Namun belum terealisasi," kata Hafiz.

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024
Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024