Rubah Api di Layar Ponsel

Mozilla akhirnya mengumumkan munculnya versi mobile dari browser Firefox. Browser yang memilki kode nama Fennec itu, pertama kali muncul dalam versi alfa, sebagai software yang diperuntukkan bagi gadget Nokia N810 Internet Tablet.

“Tidak seperti browser mobile lainnya, Firefox Mobile juga akan terjangkau, dan teknologinya tidak tertinggal dari versi desktopnya,” ujar Christian Sejersen, Mobile Director of Engineering, Mozilla Mobile.

Pasalnya, browser ini sejak awal memang dimaksudkan untuk sebisa mungkin memiliki fitur yang sama dengan versi di layar komputer. Oleh karenanya teknologi yang digunakan juga sama dengan versi desktopnya, termasuk teknologi HTML rendering yang bernama Gekko.

Selain itu, ia juga mendukung teknologi layar sentuh, JavaScript, dan Ajax. Bahkan, browser itu, juga mendukung software plug-in seperti Adobe Flash, sehingga pengguna tetap bakal dapat menikmati video-video di situs Youtube.
Mozilla juga sedang mengembangkan browser ini agar dapat digunakan di ponsel bersistem Windows Mobile, yang rencananya akan diluncurkan akhir tahun ini. Namun, saat ini perusahaan itu belum berencana membuatnya dapat bekerja dalam platform Symbian (platform kebanyakan ponsel Nokia) atau BlackBerry.

Selain itu, browser ini juga tidak akan ditemui pada ponsel berbasis Google Android dan iPhone. Rencananya versi beta Firefox Mobile ini akan meluncur akhir tahun, dan bakal siap berkompetisi dengan browser Safari dan Opera Mobile, mulai tahun depan.

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024
Wakil Ketua Umum DPP Nasdem Ahmad Ali.

Tak Lapor Surya Paloh, Waketum Nasdem Klaim Temui Prabowo Tanpa Wakili Partai

Waketum Nasdem menegaskan tidak ada pembicaraan politik dengan Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024