Riset Penjualan Ponsel Kuartal I 2009

Ponsel Umum Anjlok, Ponsel Pintar Bersinar

VIVAnews -  Kendati penjualan ponsel terus merosot di tengah mendung krisis global, ternyata penjualan ponsel pintar masih terus mengkilap. Hal itu tercermin dari hasil penelitian lembaga riset Gartner yang dilansir kemarin.

Dikutip dari situs CNet, hasil riset Gartner mengatakan di tengah anjloknya penjualan berbagai vendor ponsel, ternyata penjualan ponsel pintar justru menanjak hingga 12,7 persen dibandingkan kuartal pertama tahun lalu.

Peranti-peranti layar sentuh, khususnya, mampu memimpin dalam hal pertumbuhan penjualan. Penjualan Apple iPhone 3G misalnya, justru mengalami peningkatan dua kali lipat dari tahun selumnya.

Apple iPhone yang dikapalkakan pada kuartal pertama 2009 mencapai 3,9 juta unit, atau mencapai sekitar 10,8 persen dari pangsa pasar ponsel pintar. Oleh karenanya, Apple menjadi perusahaan yang memegang rekor pertumbuhan penjualan ponsel pinter yang paling pesat.

Pertumbuhan Apple iPhone otomatis menggerus penguasaan Nokia di pasar ponsel cerdas. Namun demikian vendor asal Finlandia itu masih merajai penjualan ponsel pintar, dengan menguasai 41,2 persen pangsa pasar, menurun 3,9 persen dari kuartal akhir tahun lalu.

Walaupun ponsel pintar masih bersinar, kontribusinya bagi penjualan ponsel secara keseluruhan cuma sekitar 13,5 persen (naik dari 11 persen pada tahun lalu). Alhasil, pertumbuhan ponsel pintar belum mampu mendongkrak penjualan ponsel yang masih terus merosot.

Sementara pada pangsa pasar ponsel secara keseluruhan, vendor-vendor ponsel hanya sanggup menjual 269 juta ponsel di mana sekitar 14,5 persen lebih kecil ketimbang kuartal sebelumnya atau kuartal empat 2008.

Bahkan juga 9,4 persen lebih kecil dari kuartal yang sama tahun lalu. Ini memang bukan merupakan berita yang mengejutkan, Beberapa pabrikan ponsel seperti Nokia pun, mengalami pukulan telak karena penjualannya di kuartal pertama mengalami kemerosotan yang drastis.

Dalam hal ini Nokia juga masih mendominasi dengan menguasai sekitar 36 persen pangsa pasar, atau mengalami penurunan 3 persen daripada kuartal yang sama tahun lalu.

Rumput Purun Disulap Nasabah PNM Jadi Tas Cantik

Uniknya, penjualan Samsung malah mengalami peningkatan sekitar 14,4 persen selama kuartal pertama tahun ini.

Hal itu membuat raksasa elektronik asal Korea itu menempati peringkat kedua vendor ponsel global, yang menguasai 19,1 persen pangsa pasar. Kemudian menyusul setelah Samsung adalah LG, Motorola, dan Sony Ericsson.

Jaga Hubungan Baik dengan Nia Daniaty, Farhat Abbas: Sekarang Kakak-Adik
Istimewa

Sidang Kasus Pemerasan-Gratifikasi di PN Jakpus, LPSK Beri Perlindungan Eks Ajudan SYL

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) datang langsung ke Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat Rabu 17 April 2024 untuk berikan perlindungan ke eks ajudan SYL.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024