Suntikan Energi Menjelang Akhir Pekan

VIVAnews- Hari terakhir kerja menjelang akhir pekan, biasanya semangat kerja sudah menurun. Bahkan, di benak Anda mungkin sudah terbayang aktivitas apa yang akan dilakoni hari libur nanti. Hal itu memang sah-sah saja dilakukan. Tapi, bukan berarti Anda bisa melupakan tugas kantor yang masih menumpuk dan menanti untuk diselesaikan.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

Ada caranya agar Anda bisa tetap bersemangat kerja sebelum liburan akhir pekan tiba.

- Ubah jadwal makan siang. Jalani dua jadwal makan siang dalam porsi kecil. Jadwal pertama, makanlah pada tiga jam setelah sarapan, dan tiga jam berikutnya untuk jadwal makan kedua. Misalnya, jika Anda makan pagi pada pukul 8, makanlah pada pukul 11. Dan, untuk jadwal keduanya Anda bisa makan pada pukul 2 siang.

Cara ini bisa membuat kadar gula Anda stabil dan metabolisme tubuh meningkat. “Di siang hari, biasanya Anda merasa lebih lelah, dan sulit untuk berkonsentrasi. Akibatnya, Anda malah ngemil penganan kalori tinggi. Asupan kaya gula dan lemak justru bisa membuat energi tubuh berbalik drop,” ujar Pamela Peeke, M.D., pengarang buku Fit to Live: The 5 Point Plan to Be Lean, Strong, and Fearless for Life.

Karena itu, Peeke menyarankan dua jadwal makan siang ini untuk menghindari Anda ngemil. “Santaplah makanan yang kaya protein, dan karbohidrat, serta mengandung sedikit lemak. Misalnya, menu jadwal pertama, Anda bisa mengonsumsi sandwich isi tuna atau ayam, plus yogurt buah. Dan, menu kedua, Anda dapat menyantap nasi yang dipadankan dengan sup ayam, tahu/tempe goreng, dan sepotong empal.

- Pejamkan mata selama 10 menit. Biasanya, pada pukul 2-3 kantuk tidak tertahankan bisa muncul. Pasalnya, suhu tubuh mulai menurun, layaknya sebelum waktu tidur di malam hari. Dari pada menyantap makanan atau minuman yang kaya gula, cobalah memejamkan mata sejenak.  Tak perlu lama-lama, cukup 10 menit. Jika meja kerja tertutup, Anda dapat merebahkan kepala sekitar 10 menit. Jangan lupa untuk memasang alarm di ponsel Anda, agar rehat ini tidak kebablasan.

Penelitian yang dilakukan di Australia, yang membandingkan tidur selama 5, 10, 20 dan 30, diketahui, bahwa  tidur sejenak selama 10 menit adalah yang paling baik, dan membuat para responden merasa lebih segar.

Atau, jika tidak bisa tidur di kantor, Anda bisa berjalan-jalan di area ruangan kantor Anda selama 10 menit. Cara ini juga bi sa menjernihkan pikiran, melancarkan sirkulasi darah, dan menambah energy tubuh Anda.

- Olahraga pukul 5-6 sore. Pada sore atau menjelang malam (pukul 5 – 6 sore) adalah waktu terbaik untuk berolahraga. Karena saat-saat itulah energi tubuh paling tinggi. Suhu tubuh Anda lebih hangat dibandingkan saat bangun pagi) ini memberikan Anda kekuatan otot maksimal, fleksibilitas, dan stamina penuh.

Bahkan paru-paru Anda menggunakan oksigen lebih efesian pada waktu-waktu ini. Anda bisa berolahraga lebih semangat tanpa perlu melakukan olahraga berat. Cukup berjalan kaki atau latihan beban. Tentunya, sedikit olahraga lebih baik dari pada tidak berolahraga sama sekali. Jadi, jika Anda bisa menyempatkan diri sepulang kerja, sebaiknya pertahankan kebiasaan ini. Tak perlu dijalani setiap hari, setidaknya 2-3 kali seminggu.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto di acara Musrenbang Jambi 2025

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menyingung terkait dengan lahan di Sungai Penuh yang bisa dimanfaatkan menjadi lumbung ketahanan pangan. 

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024