Anggota Komisi Perhubungan DPR

Pemerintah Harus Tegas

VIVAnews - Anggota Komisi Perhubungan DPR dari Fraksi Partai Keadilan dan Sejahtera (FPKS) Abdul Hakim menilai lepasnya roda Wing Air di Surabaya dan pecahnya ban Merpati di Makkasar mencoreng dunia penerbangan Indonesia. "Harus ada perbaikan regulasi di Indonesia dalam waktu dekat," katanya ketika ditanya VIVAnews, Selasa, 21 Oktober 2008.

Anies Unggah Foto Bareng Cak Imin, Jubir Timnas Sebut Bahas Rekapitulasi KPU Jelang Pengumuman

Menurutnya, Pemerintah harus mengambil tindakan tegas terhadap operator. "Ini membuktikan bahwa Departemen Perhubungan lemah dalam hal SDM baik kualitas maupun kuantitasnya," katanya.

Seharusnya jika dicek secara rutin tidak akan ada insiden tersebut. Menurut Abdul Hakim, ada kemungkinan ban yang digunakan bukan ban standar. "Kalau iya berarti ada unsur kesengajaan dari pihak operator pesawat, kalau memang ditemukan pelanggaran grounded pesawat Wing Air dan Merpati, namun silakan KNKT menginvestigasinya," katanya.

5 Mahasiswa Muslim di India Terluka Akibat Ditimpuk Batu saat Salat

Dalam waktu dekat, katanya, undang-undang Penerbangan yang baru akan dibawa ke tingkat paripurna oleh DPR. Dengan UU ini menunjukkan komitmen pada masalah perbaikan penerbangan, peningkatan kualita SDM dan teknisi serta peningkatan fungsi-fungsi pengawasan dan penegakan regulasi.

Abdul Hakim juga menyarankan perombakan terhadap SDM Direktorat Sertifikasi Kelaikan Udara (DSKU) dengan memasukkan unsur akademisi dan profesional yang independen. "Dengan demikian ini akan membuktikan pada masyarakat internasional bahwa Indonesia benar-benar berkomitmen memperbaiki dunia penerbangan," katanya.

Kejar Rekapitulasi, KPU Papua dan Papua Pegunungan Terbang ke Jakarta Malam Ini
CdM Indonesia di Olimpiade 2024 Paris, Anindya Bakrie sambut juara All England

Anindya Bakrie Praises PP PBSI for Indonesian Success in All England

The Chef de Mission (CdM) of the Indonesian contingent at the 2024 Paris Olympics, Anindya Bakrie gave appreciation to PP PBSI over Indonesian Success in All England..

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024