Polemik Ideologi Propasar

Raden Kritik JK Soal Pasar Tanah Abang

VIVAnews - Pernyataan calon presiden Jusuf Kalla yang mempertentangkan pasar modal dan pasar Tanah Abang mengundang kritikan ekonom Raden Pardede.

Menurut Raden, pasar modal dan pasar Tanah Abang tidak perlu dipertentangkan. Apalagi, dia mengingatkan Indonesia membutuhkan pasar, mulai dari pasar uang, pasar modal, komoditas dan barang.

"JK selalu pertentangkan itu, padahal sebaiknya itu tidak dipertentangkan," katanya di Jakarta, Selasa, 26 Mei 2009.

Kubu Jusuf Kalla memang mengkritik pemerintah saat ini yang cenderung pro pasar sebagai salah satu indikasi penganut neoliberal. Buktinya, menurut kubu JK, pemerintah lebih menunjukkan indikator-indikator seperti indeks saham dalam menyampaikan keberhasilan di bidang ekonomi. Sedangkan, pasar-pasar tradisional seolah ditinggalkan.

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

Untuk menghindari kesan neoliberal, semua calon presiden pun berkunjung ke pasar tradisional dalam waktu tak jauh berbeda. Kalla ke pasar Caringin, Bandung. SBY ke pasar Sukowati, Bali. Sedangkan, Megawati ke pasar Blok A, Jakarta.

Memanasnya soal isu pro pasar diakui Raden terkait dengan ketakutan adanya spekulasi, misalnya di pasar modal. Namun, Raden menekankan spekulasi bukan hanya di pasar modal, tetapi ada di mana-mana. Menurut dia, spekulasi tercipta sebelum ada pasar modal.

"Bahkan, di pasar barang pun juga ada spekulasi. Spekulasi ada karena sifat ketamakan manusia," tuturnya.

Arsenal

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

Ian Wright mengklaim bahwa bintang PSG Vitinha dan pemain Manchester City Kevin De Bruyne memiliki faktor X yang sangat tidak dimiliki Arsenal saat melawan Bayern Munich.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024