BMW Luncurkan Mini E

VIVAnews-BMW akhirnya mempublikasikan juga mobil elektrik berkekuatan 204 tenaga kuda yang selama ini ’’disembunyikannya’’. Namanya Mini E. Harga jualnya per unit berkisar US$ 65 ribu atau sekitar Rp 630 jutaan. Awal tahun depan, hybrid terbaru BMW ini akan mulai dipasarkan.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

BMW mengklaim, Mini E sangat berbeda dengan mobil-mobil elektrik lain yang pernah ada. Mini E punya kekhasan tersendiri yang tetap menonjolkan citarasa khas BMW. Salah satu keunikan tersebut adalah cat perak gelap dengan logo yang penuh gaya. BMW menyebut warna uniknya itu dengan sebutan ”interchange yellow”, yang menjadi simbol dari model pembakaran internal.

Motor penggerak Mini E yang mengusung sistem single-stage helical gearbox, mampu menghasilkan daya sebesar 150 kW atau setara 204 tenaga kuda. Dengan kekuatan sebesar itu, mobil eksotik ini bisa dipacu hingga 95 mil per jam. Sedangkan momen puntir 162 Nm, bisa mendorong mobil ini mencapai akselerasi 0-62 mil per jam dalam 8,5 detik.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Mini E menggunakan batere lithium-ion yang mampu menghasilkan energi listrik sebesar 35-kWh sebagai sumber tenaga. Dengan suplai tenaga listrik yang mampu mencapai 380 volt pada putaran rendah, mobil ini bisa berjalan hingga sejauh 150 mil. Batere itu sendiri memiliki bobot 573 punds (sekitar 250 kilogram) yang ditempatkan di belakang kursi. Di dalamnya terdapat 48 modul yang terdiri atas 5.088 individu sel udara yang didinginkan. Untuk mengisi ulang batere dibutuhkan waktu sekitar 8 jam.

Sebagai bonus, BMW akan memberikan sebuah ”wallbox” kepada setiap pemilik Mini E. Yaitu perangkat yang mampu menghemat masa pengisian ulang batere hingga 2,5 jam. BMW juga memberikan tips agar para konsumennya rajin memperbarui kanvas rem. Langkah itu diyakini bisa mengefisiensikan pemakaian batere hingga 20 persen.

Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia

Bobot total Mini E mencapai 3.230 pounds (sekitar 1,4 ton), atau hampir dua kali lipat berat MINI standar. BMW menegaskan, bobot yang terfokus di tengah itu bisa didistribusikan MINI E secara merata, didukung sistem suspensi yang apik.

Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024