Teknologi Lawas

Angstrom Beli Teknologi 130 Nanometer

Kabar gembira kembali datang ke AMD. Setelah mereka mendapatkan dan segar dari investornya, sisa-sisa teknologi produksi yang sudah tidak mereka gunakan kini dibeli perusahaan lain.

Pembelinya adalah Angstrom, perusahaan semikonduktor asal Rusia, sedangkan yang dibeli adalah peralatan bekas memproduksi wafer silikon berteknologi 0,13 micron. Dulu, peralatan tersebut digunakan oleh AMD untuk membuat prosesor Athlon XP, Sempron, sampai Athlon 64 generasi awal yang menggunakan satu core prosesor (kode nama SledgeHammer, ClawHammer, dan Newcastle)

Nilai transaksi sendiri tidak disebutkan, tetapi menurut koran harian Rusia, Kommersant, nilainya mencapai 250 sampai 300 juta dolar AS. Barang-barang yang dibeli adalah perlengkapan dari Fab 30, salah satu pabrik AMD di Dresden yang kini sudah dimiliki oleh The Foundry Company. 

Dengan pembelian yang dilakukan, Angstrom akan memiliki dan membuat sendiri produk-produk berbasis teknologi 0,13 mikron. Sebelumnya, Angstrom sendiri sudah memiliki proses manufaktur 0,8 micron yang mampu memproduksi wafer berukuran 100 dan 200 milimeter. Dengan proses manufaktur yang “baru” ini, diharapkan mereka mampu meningkatkan jumlah ekspor dan menjual produk dalam jumlah besar dengan harga yang lebih menarik.

Pabrik Angstrom sendiri ada di Zelenograd, yang merupakan Silicon Valley-nya Rusia. Menurut harian Kommersant, sebelum ini AFK Sistema, kompetitor Angstrom, juga asal Zelenograd Juli lalu sudah membeli perangkat pembuat produk berteknologi 0,18 micron dari ST Micro seharga 120 juta dolar AS.

Lalu, produk apa saja yang dibuat oleh Angstrom? Perusahaan asal Moskow yang memiliki jumlah karyawan sekitar 2400 personil itu selama ini adalah produsen prosesor dan microcontroller (termasuk prosesor RISC 32-bit). Menurut Kooermsant lagi, pelanggan utama mereka adalah produsen senjata berteknologi tinggi.

KPU Targetkan Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 Rampung Hari Ini
Fadel Muhammad

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad Dipanggil KPK di Kasus Korupsi Kemenkes

KPK panggil Wakil ketua MPR RI Fadel Muhammad Al-Haddar terkait dugaan kasus alat pelindung diri (APD) di Kemenkes RI.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024