Hadapi Pemilu, KPU dan MK Singkronkan Jadwal

VIVAnews - Mahkamah Konstitusi (MK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengadakan rapat koordinasi terkait sinkronisasi jadwal pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2009. Mereka sepakat membentuk satu tim untuk menyesuaikan jadwal agar tidak mengganggu agenda ketatanegaraan.

"MK akan diwakili Bapak Mukhtie Fadjar dan Ibu Maria Farida sedangkan KPU akan diwakili oleh bapak I Gusti Putu Artha dan Ibu Andi Nurpati," kata Ketua MK, Mahfud MD dalam jumpa pers di gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu 31 Desember 2008.

Mahfud mengatakan tim ini akan menyusun jadwal secepatnya sesuai dengan undang-undang dan kebutuhan teknis yang diperlukan oleh KPU dan MK. Dia juga mengatakan pihaknya juga telah membuat hukum acara terhadap perkara sengketa pemilu sesuai dengan jadwal. "Ketika ada perkara diajukan tanggal sekian, MK akan memutus pada tanggal sekian," katanya.

Menurut Mahfud, MK dan KPU harus bekerja sesuai dengan tugas dan proporsi masing-masing agar jadwal tahapan pemilu berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. "Untuk tim, nanti akan difasilitasi oleh masing-masing sekjen," katanya.

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang
Gedung Kemenkopolhukam

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggodok rencana membangun sistem pertahanan semesta di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024