RUU Pengadilan Tipikor

Kalla: Golkar Janji Akan Selesaikan Tahun Ini

VIVAnews - Calon Presiden Partai Golkar dan Partai Hanura Jusuf Kalla berjanji akan bertanggung jawab sebagai Ketua Umum Partai Golkar dalam Penyelesaian Rancangan Undang-undang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik

Menurut Kalla, dirinya sudah meminta kepada anggota Partai Golkar di parlemen untuk menyelesaikannya. Bahkan, berjanji akan selesai tahun ini. "Saya bertanggung jawab sebagai Ketua UmumĀ  Golkar. Kami akan menyelesaikan tahun ini dalam rapat-rapat DPR yang tersisa," ujarnya dalam dialog tentang hukum dengan Indonesian Legal Roundtable di Hotel Four Seasons, Senin, 8 Juni 2009.

Sedangkan sebagai Wakil Presiden, Kalla mengaku Pemerintah telah menyerahkannya ke DPR. "Kami telah membahasnya dan menunggu hasilnya di DPR," kata Kalla.

Ucapan Kalla ini merupakan jawaban dari pertanyaan salah satu panelis, Bambang Harymurti. Namun, Bambang juga menanyakan apakah Kalla memiliki mekanisme lain.

Kalla hanya menjawab, sebagai wakil presiden dia tidak memiliki wewenang untuk menjalankan mekanisme lain.

"Wapres tidak bisa mengeluarkan Perpu. Juga tidak ada Kepwapres (Keputusan Wakil Presiden), kan?" ujar Kalla yang disambut tawa hadirin.

Pada tahun 2006, Mahkamah Konstitusi menetapkan RUU Pengadilan Tipikor harus sudah selesai sebelum 19 Desember 2009. Namun, hingga sekarang RUU ini masih terhambat Panitia Khusus di DPR yang masih terus membahas. Adapun ketua Pansus RUU Pengadilan Tipikor berasal dari Fraksi Partai Golkar, Dewi Asmara.

antique.putra@vivanews.com

Presdir P&G: Konsumen Adalah Bos
Duel Persebaya Surabaya vs Persib Bandung

Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya

Persib Bandung akan berhadapan dengan Persebaya Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel kedua tim digelar di Stadion Si Jalak Harupat

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024