Titik Puspa Luncurkan Lagu Pemilu

Kita Satu Bangsa
S'mua Saudara Kita
Ini Pemilu Kita


VIVAnews - Bait di atas merupakan penggalan lirik lagu berjudul "Ini Pemilu Kita - Saudara Kita Semua". Lagu ciptaan Faizal Motik itu baru saja diluncurkan di Kantor Komisi Pemilihan. Dalam peluncuran itu, Faizal ditemani Titik Puspa dan Elly Kasim, yang turut melantunkan single tersebut.

Lagu itu menonjolkan pesan persaudaraan. Menurut Faizal, sudah bukan waktunya, pemilihan umum menjadi ajang permusuhan bahkan kekerasan fisik. "Kan konyol, tiap Pemilu ada gontok-gontokan," katanya di Kantor Komisi Pemilihan, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Selasa, 9 Juni 2009.

Meski diciptakan oleh Faizal, dalam prosesnya ada kontribusi Titik Puspa. Awalnya, Faizal menawari Titik membawakan lagu bertema pemilu itu. "Nggak mau satu bahasa. Saya minta banyak bahasa daerah. Akhirnya ada (bahasa) Palembang, Jawa, Batak, Ambon, dan Betawi," kata Titik.

Setelah sreg dengan lagu itu, Titik bersemangat mengajak rekan-rekannya turut menjadi pelantun. Beberapa yang turut berkontribusi antara lain Elly Kasim, Koes Hendratmo, Sundari Sukoco, Indi Barends, Hedi Yunus, serta grup komedian Bajaj.

"Semua dihubungi via telepon, saya katakan untuk kepentingan masyarakat, tanpa pembicaraan embel-embel," kata Titik.

Faizal mengiyakan perkataan Titik itu. Album single itu diproduksi oleh Yayasan Swarnabumy. Pengambilan gambar video klip dilakukan di Taman Mini pada 7 Mei lalu.

Ketua Komisi Pemilihan Abdul Hafiz Anshary mengaku bahagia adanya lagu pemilu itu. Dia mengapresiasi kepedulian seniman mendukung kesuksesan pemilu. "Bukan KPU yang pesan. Lagu ini disumbangkan bukan untuk KPU, untuk rakyat semua," katanya.

Dia mendukung pesan persaudaraan dalam lagu itu. Menurutnya, pesan itu sejalan misi Komisi menyelenggarakan pemilihan dengan damai. Komisi menyediakan sesi khusus tiga pasangan calon bersama-sama menyanyikan lagu itu saat deklarasi pemilu damai yang akan digelar besok malam.

Faizal mengungkapkan kegembiraan atas respon positif Komisi. Dia berharap, tiga pasangan calon benar-benar menyanyikan bersama. "Jika bagian "Kita Satu Bangsa// S'mua Saudara Kita" direkam televisi dan menjadi insert yang sering diputar bisa menjadi pengingat para pendukungnya agar tidak bermusuhan," kata Faizal.

Dalam kesempatan itu, Titik dan Elly sempat menyanyikan beberapa potongan syair. Titik menyanyikan bagian berbahasa Jawa, dan Elly yang berbahasa Palembang. "Meski berasal dari Minang, dalam hal ini saya menyanyikan (bagian) lagu (berbahasa) Palembang," kata Elly.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

arfi.bambani@vivanews.com

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024