SBY Sampaikan Dukungan Moral pada Hun Sen

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan dukungan moral secara langsung kepada Perdana Menteri Kamboja Hun Sen untuk melakukan dialog dengan pemerintah Thailand.

Yudhoyono berharap dialog antara kedua negara bisa mencegah agar konflik tidak berkepanjangan. "Presiden memberikan dukungan moral kepada kedua belah pihak untuk menghindari konflik," ungkap Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal yang mendampingi Presiden di Beijing, Cina saat dihubungi VIVAnews, Kamis 23 Oktober 2008 malam.

Yudhoyono, kata Dino, meminta kedua belah pihak mencari solusi yang memungkinkan berakhirnya sengketa.

Sebelumnya pemimpin negara-negara Asia Tenggara juga telah menyerukan perdamaian kepada kedua negara yang berselisih itu.

Kamboja-Thailand pada pertengahan Oktober lalu sempat terlibat konflik senjeta. Pertempuran terjadi selama 40 menit di dekat Kuil Preah Vihear yang terletak antara Thailand dan Kamboja. Konflik bersenjata itu telah menewaskan tiga tentara Kamboja. Pertempuran itu merupakan puncak dari perebutan wilayah di sekitar kompleks kuil berusia 900 tahun itu.

Kuil Preah Vihear berada di puncak bukit dan oleh pengadilan internasional ditetapkan sebagai milik Kamboja pada 1962. Namun kedua negara saat ini masih memperebutkan wilayah di sekitar kuil yang seluas 4,6 km persegi itu

Selain itu, Yudhoyono juga membahas soal hubungan bilateral Indonesia dan Kamboja. "Kedua negara sepakat meningkatkan hubungan bilateral dalam hal investasi dan perdagangan," ujarnya.

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako
Yusril Ihza Mahendra dalam sidang lanjutan perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Menurut Yusril, rakyat sebagai pemilih di Pilpres 2024 menentukan sendiri pasangan 02 Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024