Pasukan Israel Kuasai Gaza

VIVAnews - Pasukan Israel mengendalikan wilayah utara Gaza, Minggu 4 Januari 2009, kurang dari 24 jam setelah melancarkan serangan darat ke wilayah Palestina. Serangan darat itu menyebabkan jatuh korban di kedua belah pihak. Pasukan militer Israel kemarin juga melanjutkan serangan udaranya ke wilayah Palestina.

Sumber dari tim medis Palestina mengatakan bahwa sejak masuk ke teritori Palestina Sabtu malam pekan lalu, serangan Israel telah menewaskan 37 warga sipil dan militan Palestina. Berarti hingga kini setidaknya 507 warga Palestina, sekitar 100 di antaranya adalah perempuan dan anak-anak, terbunuh sejak serangan udara Israel 27 Desember lalu. Sekitar 2.600 warga Palestina yang sebagian besar adalah warga sipil menderita luka-luka.

Menurut sumber dari pasukan militer Israel seperti dikutip dari stasiun televisi CNN, Minggu 4 Januari 2009, seorang tentara Israel terbunuh dan seorang lagi luka parah di Jabalya yang terletak di Gaza bagian utara. Ini adalah kematian prajurit pertama dari pihak Israel sejak operasi darat dilancarkan Sabtu malam pekan lalu.

Pasukan Israel juga berhasil menewaskan tiga pemimpin senior Hamas, kemarin. Menurut pihak Hamas, seorang pemimpin Hamas terbunuh di Jabalya dan dua lainnya tewas akibat serangan udara di Gaza bagian selatan.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Pasukan Israel menewaskan Mohammed Shalpokh di Jabalya, anggota pasukan komando Hamas yang dituding Israel sebagai orang yang melancarkan serangan roket ke wilayah selatan Israel. Menurut sumber dari Israel, akibat serangan roket terus-menerus yang dilancarkan dari wilayah utara Gaza tersebut, tiga warga sipil dan seorang tentara Israel tewas.

Sedangkan dua pemimpin Hamas yang terbunuh di wilayah yang bernama Khan Yunis di Gaza selatan adalah Housam Hamdan dan Mohammed Hilou. Keduanya adalah anggota senior Brigade Izzedine al-Qassam. Pihak militer Israel mengaku bahwa mereka memang menjadikan kedua tokoh senior Hamas tersebut sebagai target serangan, tetapi tidak menjelaskan bagaimana nasib kedua pemimpin tersebut.

Kemarin, militer Israel mengatakan bahwa peluru-peluru misil Israel menjadikan 45 lokasi Hamas sebagai target serangan, termasuk lokasi di mana terdapat kantor pusat intelijen Hamas. Sepanjang hari, Pasukan Udara Israel menyerang lebih dari 15 target, termasuk tiga pimpinan senior Hamas.

Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024